Serang Printer, Virus “Milicenso” Habiskan Kertas

by
June 26th, 2012 at 11:30 am

Epoxydude / Getty Image

Sebuah virus telah menyebabkan ribuan printer di kantor-kantor di seluruh dunia mencetak tulisan “yang tidak bermakna”dalam jumlah yang banyak. Virus ini tentunya membuat ribuan kantor harus membuang begitu banyak kertas, karena printer mereka tidak berhenti mencetak hingga kehabisan kertas.

Fenomena ini disebabkan oleh sebuah virus bernama Milicenso, sebuah virus yang kerap digunakan oleh para penjahat di dunia maya. Perusahaan keamanan Symantec dalam blog-nya mengatakan bahwa varian virus ini pertama kali muncul pada 2010.

Dalam perubahannya yang terbaru, virus tersebut berfungsi sebagai distributor sebuah adware berbahasa Prancis. Symantec juga mengatakan bahwa Milicenso tersebut mampu menyerang sebuah personal komputer melalui beberapa cara berbeda seperti lampiran file email, sebuah website, atau melalui sebuah software palsu.

Saat Milicenso berhasil menginfeksi, ia akan memilih sebuah lokasi dari banyak jaringan di mana melalui titik tersebut ia akan mengalihkan seluruh trafik, seolah seluruh jaringan tersebut mengarah ke sebuah iklan. Efek samping dari virus ini adalah ia akan memilih sebuah file untuk kemudian dicetak melalui printer.

Negara-negara yang paling banyak terinfeksi adalah Amerika Serikat, India, Eropa, dan Amerika Selatan. Para korban yang telah terinfeksi virus ini melaporkan kepada sejumlah perusahaan produsen anti virus. Kini, para produsen antivirus tersebut telah merilis update yang mampu membersihkan komputer dari infeksi Milicenso.

Comment di sini