Penemu Wi-Fi Ternyata Artis Hollywood

by
June 26th, 2012 at 8:49 am

Kebanyakan dari kita sudah merasa cukup beruntung saat kita memiliki dengan sebuah bakat yang luar biasa. Tapi, sebagian dari kita memiliki lebih dari satu bakat dan masing-masing bakat mereka luar biasa. Kelebihan-kelebihan tersebut di antaranya dimiliki oleh selebritis-selebritis berikut:

6. Neil Young dan Kereta

Neil Young diketahui sebagai penyanyi dan pencipta lagu. Ia merupakan musisi rock pada masa Led Zeppelin. Sama seperti rocker lainnya yang membutuhkan waktu untuk menenangkan diri. Yang membedakan adalah, ketika rocker lain menenangkan diri dengan berpesta, Neil Young lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dengan hobinya mengoleksi mainan kereta.

Berangkat dari hobi ini ia diketahui sebagai seorang yang memperbarui model kereta. Model kereta modern yang biasa dilihat saat ini merupakan model yang ia kembangkan dulu.

5. Zeppo Marx dan Alarm Serangan Jantung

Ia merupakan seorang komedian, terkenal dengan properti panggungnya berupa kacamata yang dilengkapi hidung serta alis palsu. Namun, kecintaanya pada komedi tidak sebesar cintanya pada sesuatu yang berbau teknik. Ia lalu keluar dari “Marx Brothers” dan bergelut di dunia teknik.

Temuannya berupa sebuah alat yang diberi nama “cardiac pulse rate monitor“, alat ini merupakan sebuah jam tangan. Hanya saja, jam tangan ini mempunyai dua ‘lingkaran’. Lingkaran jam yang satu menunjukkan jam, dan yang satunya lagi menunjukkan detak jantung. Jika denyut jantung mu mulai bekerja tidak normal, maka jam ini akan mengeluarkan suara layaknya sebuah alarm.

4. William Marston, Wonder Women dan Alat Pendeteksi Kebohongan

Namanya memang tidak terlalu dikenal, tapi kedua karya dari pria ini asih terus dikenal hingga saat ini. Yang pertama, ia merupakan tokoh yang menciptakan Wonder Women, superhero wanita yang membela kebenaran. Temuannya yang kedua adalah “Alat pendeteksi Kebohongan”. Selebretis yang ternyata lulusan psikologi Harvard ini mendata faktor-faktor yang menunjukkan bahwa seseorang berbohong. Faktor yang paling menonjol adalah detak jantung.

Jadi, pada dasarnya temuan Marston merupakan versi paling awal dari pendeteksi denyutan nadi dan tekanan darah pada sat seseorang sedang memberi pernyataan.

3. Robert Heinlein dan Kasur Air

Namanya terkenal sebagai aktor dan penulis kawakan film-film fiksi ilmiah (science fiction). Ia juga dikenal sebagai “Dekan Fiksi Ilmiah”. Jika kamu berpikir tentang sesuatu yang berbau sci-fi, maka kamu akan teringat dengan teknologi tembakan laser, alat-alat canggih, dan sebagainya. Robert punya peran di situ, dan beberapa hal kecil, misalnya, sebuah kasur air.

Ia menderita penyakit TBC. Karena seringkali diharuskan menghabiskan banyak waktu di tempat tidurnya, ia memerikan sesuatu yang mampu membuatnya nyaman berada di tempat tidurnya. Di sinilah ide tentang kasur air yang nyaman muncul.

2. Barbara Cartland dan Pesawat Terbang Layang (Glider)

Ia merupakan seorang penulis novel roman yang paling produktif. Sejak buku pertama hasil tulisannya pada 1922, hingga kematiannya tahun 2000, ia telah menulis 723 judul novel roman.

Temuannya? ia mendesain sebuah pesawat terbang layang (glider) yang bisa ditarik oleh sebuah pesawat. Dengan temuanya tersebut, ia terbang sejauh 200 mile (321 km) di atas Inggris. Kemudian, desainnya digunakan di bidang militer, karena mampu memasuki area perang musuh tanpa mengeluarkan suara.

1. Hedy Lamarr

Selain terkenal karena wajahnya yang cantik dan perannya sebagai wanita seksi, ia juga terkenal berkat penemuan kecilnya, Wi-Fi dan Telepon Seluler. Saat itu, ia digambarkan sebagai seorang ilmuwan gila yang seksi. Mungkin, seperti Einstein versi wanita cantik dan entah kebetulan atau tidak, ia juga merupakan seorang aktris Hollywood.

Pada saat itu memang belum tercipta apapun yang bernama Wi-Fi. Tapi, sesungguhnya Lamarr menciptakan sesuatu yang disebut “teknologi komunikasi spread-spectrum”. Teknologi ini merupakan dasar dari semua teknologi nirkabel yang dikenal saat ini. Penemuan Lamarr tersebut dipatenkan pada 1942 dengan nama “Secret Communication System“, atau Sistem Komunikasi Rahasia.

Comment di sini