10 Pertanyaan yang Dapat Diajukan Oleh Pelamar Kerja

by
June 27th, 2012 at 3:23 pm

Bagi kamu yang baru lulus kuliah dan belum ada pengalaman kerja, mungkin tahap interview atau wawancara kerja terdengar begitu asing di telingamu.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana harus berpenampilan di saat wawancara. Hal yang perlu kamu perhatikan hanyalah menenangkan diri sehingga kamu bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik.

Wawancara merupakan fase yang digunakan oleh kedua pihak, dalam hal ini si pencari kerja dan si pencari tenaga kerja, untuk mengetahui satu sama lain sebelum terjalinnya hubungan kerjasama dalam pekerjaan tersebut.

Jangan menganggap kalau pada saat wawancara kerja hanya kamu yang akan dihujani dengan pertanyaan. Tapi justru kamu pun bisa melayangkan pertanyaan kepada pihak perusahaan tempat kamu melamar kerja.

Inilah beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan kepada orang yang mewawancara kamu saat melamar kerja nanti.

1. Tanyakan lagi lebih jelasnya tentang job description di posisi yang kamu lamar. Pastikan kamu dan pihak perusahaan memiliki persepsi yang sama tentang posisi tersebut.

2. Apakah tujuan utama yang diharapkan dari posisi yang saya lamar ini?

3. Bagaimana perusahaan menerapkan visi dan misi yang sudah dibuat itu?

4. Apakah posisi yang saya lamar membutuhkan waktu lembur yang tidak ditentukan?

5. Apakah perusahaan menerapkan sistem kerja dalam tim? Bagaimana perusahaan membina karyawannya untuk berhasil kerja di dalam tim?

6. Bagaimana jenjang karir di perusahaan ini?

7. Apakah perusahaan akan membekali karyawannya dengan kesempatan untuk menambah pengetahuan dengan biaya yang ditanggung oleh perusahaan?

8. Jika karyawannya berhasil bekerja baik, bagaimana pihak perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan tersebut?

9. Apakah keunggulan dari perusahaan ini dibandingkan perusahaan lain di bidang yang sama?

10. Apakah perusahaan akan menerima rekomendasi calon karyawan baru dari keluarganya, keluarga dari karyawannya, atau teman dekat dari para karyawannya untuk bekerja di tempat ini?

Itulah kesepuluh pertanyaan yang dirangkum CiriCara yang bisa kamu ajukan saat kamu diwawancarai oleh perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan, berdasarkan Alan Guinn, (manajer direktur perusahaan Guinn Consultancy Group).

Biasanya, perusahaan yang bagus akan memberikan kesempatan calon pekerjanya untuk bertanya agar terlihat bahwa tidak ada yang ditutup-tutupi antarkedua pihak. Semoga berhasil ya!

Comment di sini