Atasi Sakit Kerongkongan dengan 7 Makanan ini

by
June 27th, 2012 at 4:35 pm

Sakit kerongkongan adalah salah satu penyakit yang seringkali menyerang saat musim hujan. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus, tapi bisa juga karena alergi. Apabila sakit kerongkongan menyerang banyak sekali makanan yang tidak bisa kita konsumsi seperti gorengan dan makanan pedas.

Oleh karena itu, kamu harus bisa menyiasati keadaan ini agar kerongkongan jadi cepat pulih. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan berikut ini:

1. Wortel

Wortel harus dimasak dahulu sebelum dimakan. Wortel mengandung zat yang baik bagi tubuh seperti vitamin A, C, K serta potassium. Wotel bisa direbus atau dikukus terlebih dahulu karena wortel mentah malah akan memperparah sakit kerongkongan.

2. Pisang

Pisang tidak termasuk buah yang bersifat asam. Buah ini juga cukup lembut sehingga bisa dikonsumsi untuk memudahkan menelan terutama mereka yang sakit kerongkongan. Jika sedang diet, pilih saja makanan ini karena glikemik-nya juga rendah serta mengandung vitamin B6, vitamin C dan kalium.

3. Oatmeal

Makanan ini banyak mengandung serat dan memiliki peran untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Semangkuk oatmeal panas dengan pisang atau madu dapat membantu meredakan sakit kerongkongan.

4. Sop Ayam

Jika sedang sakit kerongkongan, buat saja sop ayam. Sop ini bisa membantu meredakan sakit kerongkongan karena memiliki sifat anti-inflamasi sehingga bisa digunakan sebagai antibiotik. Fungsinya yang lain yaitu dengan mengurangi mampet karena membatasi virus yang datang sehingga membran lendir tidak berproduksi terlalu banyak. Buat sop dengan bahan seledri, lobak, ayam, kentang, wortel, dan bawang putih.

5. Secangkir minuman jahe atau teh madu

Secangkir minuman hangat dari jahe atau teh dapat membantu kamu meredakan sakit kerongkongan. Madu akan melapisi kerongkongan sedangkan jahe akan meredakan gatal pada kerongkongan.

6. Minuman jus lemon dengan madu

Campuran jus lemon dengan madu akan membantu kamu memulihkan sakit kerongkongan dengan cepat. Minuman ini juga memberi efek dingin pada kerongkongan yang iritasi sehingga terasa lebih nyaman.

7. Putih telur

Ternyata fungsi lain putih telur adalah membantu meringankan peradangan serta rasa sakit pada kerongkongan. Tapi, mencampur putih telur dengan bumbu bisa membuat radang kerongkongan makin parah.

Itu dia 7 makanan yang dapat membantu mengatasi radang kerongkongan. Mudah didapat kan?

Comment di sini