CiriCara: Cara Memilih Burung untuk Dipelihara

by
June 27th, 2012 at 1:37 pm

Kecintaan untuk memelihara hewan di rumah bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangai rasa penat dari kesibukkan. Burung, misalnya, hewan berkaki dua dan memiliki warna yang indah pada bulunya menjadi hewan peliharaan ketiga yang sering dipelihara orang setelah kucing dan anjing.

Jika kamu tertarik untuk memelihara hewan ini, tapi bingung dalam memilih jenis yang lucu. CiriCara memberikan beberapa pilihan jenis burung yang mungkin cocok untuk jadi hewan peliharaanmu.

1. Burung Merak

Burung merak bisa dijadikan hewan peliharaan yang menghibur karena ekornya yang indah saat mengembang. Biasanya, hewan ini mengembangkan sayapnya ketika sang betina ingin menarik perhatian pasangannya, begitu juga sebaliknya. Keduanya, jantan maupun betina sama-sama mengeluarkan suara yang keras pada malam hari. Jika kamu ingin memelihara burung ini, pastikan kamu punya halaman yang cukup besar untuk membuat kandangnya. Tapi yang paling penting, pastikan kamu kenal dengan petinggi hukum Indonesia, karena merak adalah hewan yang dilindungi oleh undang-undang!

2. Burung Elang

Burung Elang sangat cocok bagi kamu yang suka akan sensasi dan tak takut hukum. Pada umumnya, orang yang memelihara burung Elang adalah orang yang memiliki jiwa berburu, menyukai petualangan, dan merasa kebal hukum. Jika kamu orangnya, maka peliharalah burung Elang. Tapi ingat burung predator ini juga bisa membahayakan tuannya lho. Pastikan kamu selalu memberinya makanan seperti daging mentah. Jangan biarkan mereka kelaparan jika tidak ingin membahayakan dirimu sendiri. Untuk hewan ini, kamu juga harus memiliki kandang yang luas, tinggi, dilengkapi oleh dahan-dahan pohon yang kekar dan mudah untuk disembunyikan bila sewaktu-waktu polisi datang menggerebek karena elang juga adalah hewan yang dilindungi.

3. Burung Unta

Bentuk tubuh yang menyerupai unta membuatnya sering disebut sebagai burung Unta, walaupun mereka tidak saudaraan dnengan unta berpunuk. Untuk memelihara burung yang larinya sangat cepat ini, kamu harus sediakan lahan yang luas serta berpagar cukup tinggi. Namun, sebelum itu kamu harus mengimpor burung ini karena tak dijual di Indonesia. Burung Unta betina sangat sulah dikendalikan karena lebih lincah dibandingkan si jantan.

4. Ayam

Hewan yang senang hidup berkelompok ini masih masuk dalam kelas aves, keluarga unggas. Dengan memelihara ayam, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti misalnya tidak perlu lagi membeli ayam di pasar swalayan, tidak perlu lagi membeli telur di pasar. Akan tetapi, mengingat masih tersebarnya virus flu burung, kamu harus berhati-hati dalam merawat ayam peliharaan. Pastikan bahwa ayam-ayammu  beserta kandangnya selalu bersih. Ayam termasuk burung kan ya?

 

5. Burung Beo

Inilah burung yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Kemampuannya untuk menirukan suara manusia atau suara apapun saja mampu membuat orang lupa akan kesibukannya di luar rumah. Burung beo bisa diajari bagaimana cara untuk mengucapkan kata-kata. Burung yang sejenis dengan burung ini adalah Kakatua. Hanya saja kakatua lebih memiliki berbagai macam warna pada bulunya dibandingkan dengan burung beo. Selain itu, kakatua tidak secerewet burung Beo. Tapi perlu diingat, jangan samapai kamu ikut-ikutan membeo (meniru orang lain) setelah memelihara burung ini., jadilah orang kreatif.

6. Burung Parkit

Bagi kamu yang masih kecil dan merasa terlalu muda serta untuk memelihara burung, mungkin kamu bisa memilih burung imut-imut ini. Burung parkit sepertiversi mini burung kakatua, hanya saja ia tidak bisa berbicara mengikuti suara-suara yang didengarnya. Burung parkit terkenal dengan kicauannya yang khas dan merdu sehingga membuat banyak orang senang menikmati kicauan burung ini di pagi hari. Namun, untuk mendengar suara kicauan indah burung Parkit, kamu harus rajin merawatnya dengan makanan yang berkualitas, menjemurnya di bawah sinar matahari pagi, membersihkan kandangannya, dsb.

Itulah beberapa jenis burung yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tertarik untuk memelihara burung pertama kalinya.

Wiki How