CiriCara: Cara Membuat Visa

Bagi kamu yang ingin pergi ke luar negeri baik untuk liburan atau urusan kerja pasti diwajibkan untuk membuat visa. Pembuatan visa wajib dilakukan jika kamu ingin berkunjung ke negara yang mengharuskan pendatangnya untuk membuat visa.

Jangan pernah menganggap kalau pembuatan visa itu mudah. Jika ini perjalanan pertama kamu ke luar negeri, ada baiknya kamu membuat visa di Indonesia. Karena jika mengurus visa di negara lain akan lebih susah. Lebih baik urus visa di negara sendiri.

Berikut beberapa cara mengajukan permohonan Visa:

1. Membayar biaya visa

Kamu bisa membayar biaya pengajuan visa melalui Bank Standars Chartered atau Bank Permata. Jika masih bingung, bisa tanya ke pihak bank mengenai cara pembayaran untuk mengajukan visa. Bayar visa perorangan, jangan membayar biaya lainnya di bank dan jangan melakukan pembayaran di bank lain.

2. Melengkapi aplikasi visa elektronik

Isi secara online aplikasi visa elektronik (DS-160) dan jangan lupa cetak lembaran halaman setelah selesai mengisi. Lembaran ini akan digunakan untuk konfirmasi yang dibawa pada saat kamu wawancara.

3. Mengatur jadwal wawancara

Login ke sistem jadwal wawancara online di www.ustrvaldocs.com/id/ untuk mengatur wawancara, dengan klik bagian “Go to Schedule Appointment” dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut.

4. Siapkan dokumen untuk wawancara

- Halaman konfirmasi jadwal wawancara
- Paspor dengan masa berlaku 6 bulan, tidak termasuk masa keberadaan kamu di AS
- Tanda bukti pembayaran dari bank yang kamu pakai.
- Halaman konfirmasi DS-160 dicetak pada kertas ukuran surat atau A4 dalam format portrait.
- Satu lembar foto terbaru, ukuran 5cm x 5cm, dengan latar belakang warna putih.

5. Melapor ke wawancara

Semua pemohon visa harus datang sendiri untuk wawancara dan pengambilan sidik jari. Tahap akhir dari proses jadwal wawancara kamu adalah diwawancara oleh Pajabat Konsul AS. Pada akhir wawancara, kamu akan menerima salah satu dari dokumen berwarna berikut ini:

- Putih, berarti bahwa aplikasi disetujui. Dokumen ini menjelaskan prosedur pengambilan visa.
- Hijau, berarti kamu diminta datang kembali untuk memberikan informasi tambahan sebelum Pejabat Konsul membuat keputusan.
- Kuning, berarti permohonan visa kamu dikenakan proses administrasi tambahan.
- Merah muda, berarti pada saat ini kamu belum memenuhi syarat untuk mendapatkan visa.
- Biru, apabila pengisian aplikasi tidak lengkap, kamu diberi kesempatan untuk kembali dengan aplikasi yang sudah lengkap.

Itulah beberapa cara untuk membuat visa. Semoga bisa bermanfaat.


comments powered by Disqus

Leave a Reply