CiriCara: Cara Menyumbang Gedung Baru KPK

by
June 27th, 2012 at 9:13 am

Ilustrasi (Paper Boat Creative / Getty Image)

Sejak tahun 2008, alokasi anggaran untuk pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga disetujui. Kini, sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh masyarakat tengah berupaya menggalang dana untuk membangun gedung tersebut.

Gabungan LSM dan tokoh masyarakat ini disebut Koalisi Masyarakat Sipil Koin untuk KPK. Seperti dikutip dari Kompas, “Koin untuk KPK merupakan bentuk dukungan masyarakat kepada KPK, rakyat masih percaya kepada KPK,” ungkap Ikrar Nusa Bakti yang merupakan salah satu anggota koalisi, dalam jumpa pers di gedung KPK, Selasa (26/6).

Menurut Danang Widoyoko, yang merupakan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), setiap masyarakat yang ingin membantu pembangunan gedung baru KPK dapat disalurkan melalui rekening ICW. Rekening tersebut merupakan rekening BNI Cabang Melawai atas nama perkumpulan ICW dengan nomor 0056124374.

Pihak ICW juga menyatakan bahwa setiap sumbangan akan diteliti terlebih dahulu. Jika nilai sumbangan lebih dari Rp 10 juta, maka akan dikembalikan. “Maksimal Rp 10 juta, di atas itu akan dikembalikan”, ujar Danang.

Rencana untuk menggalang dana oleh jajaran pemimpin KPK disambut baik. Karena seperti diketahui, sejak 2008 DPR belum menyetujui alokasi anggaran pembangunan gedung baru KPK. Hal tersebut disinyalir merupakan upaya yang ingin agar KPK dibubarkan mengingat status hukum KPK adalah lembaga ad hoc (sementara). Secara tidak langsung, penggalangan dana oleh Koalisi Masyarakat Sipil Koin untuk KPK tersebut merupakan upaya untuk mempertahankan eksistensi KPK di Indonesia.

Comment di sini