CiriCara: Ciri-ciri Kosmetik Sudah Kadaluwarsa

by
June 27th, 2012 at 4:20 pm

Ciri Cara

Selain berita kalau alat-alat kosmetik banyak yang mengandung zat kimia berbahaya yaitu merkuri, ada pula toko-toko yang menjual kosmetik yang sudah kedaluwarsa. Bahan-bahan kosmetik seperti ini akan membahayakan kulit Anda jika masih tetap memakainya.

Untuk mengetahui perbedaan antara kosmetik yang masih baru dan yang sudah kedaluwarsa, berikut ini CiriCara memberikan beberapa ciri kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

1. Eye Shadow

Umumnya, eye shadow berbentuk seperti bubuk yang hampir sama dengan pemerah pipi. Masa penggunaan benda ini adalah 2 tahun. Anda harus mengingat kapan terakhir membelinya dan harus menutup kembali rapat-rapat benda ini sehabis menggunakannya. Jika pemakaiannya lebih dari 2 tahun sebaiknya, eye shadow ini dibuang saja dan ganti dengan yang baru.

2. Eye Liner

Eye liner ada dua jenis yaitu berbentuk pensil dan cair seperti maskara. Jika Anda lebih sering menggunakan eye liner pensil, justru lebih baik karena jenis ini mampu bertahan lebih lama, yaitu kira-kira sampai 1 tahun. Sedangkan eye liner cair hanya mampu bertahan selama 3 bulan. Jika dalam kurun waktu tersebut Anda mengalami gatal-gatal atau iritasi segeralah hentikan pemakaian dan gantilah eye liner Anda dengan yang baru.

3. Maskara

Jangan pakai maskara yang sudah menggumpal dan mengering di bagian pinggir tabungnya. Itu tandanya maskara Anda sudah melewati batas waktu pemakaian yang seharusnya hanya mencapai waktu 3 bulan. Untuk menjaga maskara Anda tetap awet, kurangilah kebiasaan memasukkan dan mengeluarkan kuas pemulasnya ke dalam tabung maskaranya. Itulah yang membuat maskara cepat kering.

4. Lipstik

Lipstik lebih tahan lama dibanding maskara. Benda untuk memulas bibir Anda jadi merona ini bisa tahan sampai 2 tahun penggunaan. Asalkan Anda segera menutupnya lagi begitu selesai pemakaian. Jangan biarkan tutup lipstik Anda hilang entah kemana. Hal ini akan membiarkan bakteri menempel dan berkembang biak pada lipstik yang sehari-hari Anda gunakan itu.

5. Foundation

Foundation atau alas bedak juga memiliki 2 jenis, yaitu cair dan bubuk. Lagi-lagi, alat kosmetik dalam bentuk cair tidak bertahan lama dibandingkan dengan yang berbentuk bubuk. Hal ini dikarenakan mudahnya bakteri yang terbang terbawa udara berkembang biak di dalam cairan kosmetik tersebut. Alas bedak cair maksimal digunakan hanya dalam waktu 1 tahun. Sedangkan alas bedak yang bubuk dapat bertahan hingga 2 tahun. Daripada mengambil resiko kerusakan pada kulit wajah Anda, sebaiknya segeralah ganti foundation Anda dengan yang baru jika sudah melewati batas waktu pemakaian maksimal.

Kesimpulannya kosmetik yang berbahan dasar memiliki masa penggunaan yang lebih singkat. Jadi, Anda harus memperhatikan tanggal pembelian benda tersebut. Jangan memakai kosemetik cair lebih dari waktu yang sudah ditentukan karena bisa saja kosmetik Anda sudah berada dalam masa kedaluwarsa.

Itulah beberapa ciri 5 alat kosmetik yang sudah kedaluwarsa. Semoga Anda lebih memperhatikan kosmetik yang sedang dipakai, mengingat kalau benda-benda tersebut juga bisa menimbulkan bahaya.

Comment di sini