Heboh! Ada Sapi Aneh di Klaten

by
June 27th, 2012 at 9:29 am

Kompas/M Wismabrata

Seekor anak sapi menghebohkan warga Desa Tegalmas, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (26/6/2012) kemarin. Warga merasa heran dengan keanehan yang ada di bagian rongga mulut anak sapi yang baru lahir tersebut.

Dimana di rongga mulut anak sapi itu terdapat dua rahang dan dua lidah. Satu rahang berukuran lebih kecil dan menempel dibagian lidah. Sehingga saat lidah dijulurkan maka rahang tersebut keluar dan menggantung. Dalam rahang yang kecil ini terdapat satu lidah.

Surono selaku pemilik anak sapi, mengaku tidak tahu mengenai penyebab sapinya menjadi aneh. Meskipun aneh, Surono mengaku akan tetap memeliharanya dengan baik. “Saya juga masih heran dengan kondisi sapi saya. Namun tidak masalah, saya akan memeliharanya,” katanya seperti dikutip dari Kompas.

Surono menjelaskan, akibat keanehan tersebut anak sapi itu mengalami kesulitan dalam hal makanan. Selain itu anak sapi ini juga tidak bisa menyusu ke induknya. Padahal anak sapi ini baru lahir.

Untuk mengatasi masalah itu, Surono mengaku akan memberikan asupan makanan melalui suntikan. Dengan cara ini, Surono berharap anak sapi aneh ini bisa tetap bertahan hidup sampai berumur dewasa.

Sementara itu, menurut salah satu petugas Dinas Peternakan Klaten, keanehan tersebut terjadi akibat tidak suksesnya pembuahan sel telur oleh sperma. Ini adalah kegagalan sperma jantan dalam menghasilkan sapi kembar atau janin kembar.

Karena proses pembuahan yang gagal itulah, maka sapi tersebut lahir tidak normal. Dimana dalam bagian sapi tersebut ada bagian dari kembarannya yang gagal dibuahi.

Sementara itu, Surono masih belum berpikir untuk membawa sapinya kedokter hewan untuk dioperasi.

Comment di sini