Indonesia Bakal Punya Hari Makan Ikan Nasional

by
June 27th, 2012 at 3:30 pm

Fotosearch Value / Getty Image

Selisih antara produksi dan konsumsi ikan di Indonesia masih sangat jauh. Kendati terus meningkat setiap tahun, konsumsi ikan masih sangat minim dan belum mencapai target. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), total produksi perikanan nasional mencapai 10.65 juta ton. Sementara konsumsi ikan pada 2011 hanya sebesar 64 kilogram/kapita.

Atas alasan ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghimbau agar semua masyarakat Indonesia mengikutsertakan ikan dalam menu makanan sehari-hari. Dalam program Gerakan Memasyarakatkan Ikan (Gemarikan), KKP Mengusung motto ‘Tiada hari Tanpa Makan Ikan”.

Guna menyukseskan program tersebut, pihak KKP telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Kerja sama tersebut membentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), yang mana akan dipimpin oleh para istri Gubernur, Walikota, dan Bupati.

“Kita menginginkan komposisi menu keluarga Indonesia ‘Tiada Hari Tanpa Ikan’,” ungkap Saut Hutagalung, Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, seperti dikutip dari Surabaya Post.

Saut menambahkan. KKP kini tengah mengupayakan untuk membuat “Hari Makan Ikan” yang dijalankan serentak di seluruh Indonesia. Di Sumatera Barat, program Hari Makan Ikan sudah dimulai, dilaksanakan pada tanggal 18 setiap bulannya.

Wakil Ketua Umum Bidang Perikanan dan Kelautan Yogi Prayanto mengatakan, jumlah konsumsi ikan tersebut akan berpengaruh secara langsung terhadap Industri pengolahan ikan dan kesejahteraan nelayan. Dengan meningkatnya konsumsi ikan nasional, diharapkan potensi perikanan dan kelautan Indonesia mampu dimanfaatkan dengan maksimal.

Comment di sini