Indonesia Bangun Terminal Khusus Jet Pribadi

by

Digital Vision / Getty Image

Kemajuan ekonomi Indonesia berpengaruh terhadap banyaknya pengusaha yang menggunakan pesawat jet pribadi. Untuk mengakomodasi kebutuhan mereka, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Angkasa Pura I membangun terminal yang khusus melayani jet pribadi.

Terminal tersebut dibangun di dua bandar udara yaitu Bandara Sepinggan Balikpapan dan Ngurah Rai Bali. Balikpapan dipilih karena merupakan pintu masuk utama menuju Kalimantan. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi di Kalimantan sangat tinggi berkat sektor migas dan batu bara.

“Balikpapan dipilih karena banyak pengusaha yang menggunakan pesawat pribadi,” ujar Tommy Soetomo, Direktur Utama Angkasa Pura I, seperti dikutip dari Vivanews.

Tommy menyampaikan hal tersebut di acara Global Airports Indonesia, Rabu 27 Juni 2012.

Berbagai fasilitas seperti ruang konperensi, ruang istirahat, dan ruang imigrasi khusus, akan dibangun di terminal jet pribadi di Balikpapan. Terminal tersebut dibangun di atas lahan seluas 100.000 meter per segi dengan anggaran sekitar 1.7 triliun.

Sedangkan Bandar Udara Ngurah Rai Bali akan berdiri di lahan seluas 1500 meter persegi. Terminal pribadi yang mampu menampung 12 pesawat jet tersebut dibangun untuk menyambut Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 di Bali. Banyaknya penerbangan non-reguler dan VVIP menuju Bali juga menjadi pertimbangan dibangunnya terminal dengan investasti sebesar Rp 80 miliar tersebut.


comments powered by Disqus

Leave a Reply