Mesin Besutan Google X Mampu Berpikir dan Belajar

by
June 27th, 2012 at 1:54 pm

Setelah mengembangkan mobil yang bisa berpergian tanpa pengemudi, kini Google tengah mengembangkan mesin yang mampu berpikir dan belajar sendiri.

Mesin yang dikembangkan oleh para ilmuwan di laboratorium rahasia Google tersebut bekerja dengan cara yang hampir serupa dengan otak manusia. Para ilmuwan Google yang sering disebut tim Google X menyusun sebuah mesin yang terdiri dari 1000 komputer dengan 16 ribu core yang terhubung satu dengan lainnya.

Lalu, mesin yang telah terhubung dengan internet tersebut dijejali dengan 10 juta gambar berukuran 200×200 piksel. Gambar-gambar tersebut berasal dari video-video YouTube dipilih secara acak.

Secara megejutkan, mesin tersebut berhasil ‘belajar’ mengenali ‘kucing’ secara mandiri. Padahal, mesin ini belum dimasukkan data apapun mengenai ‘kucing’. Cara belajar mesin ini adalah dengan mengembangkan pemetaan yang hasilnya digunakan untuk mengenali objek-objek yang serupa. Cara kerja tersebut hampir serupa dengan proses yang terjadi pada korteks otak manusia.

Andrew Y. Ng, seorang ilmuwan komputer dari Stanford University, mengatakan bahwa timnya lebih memilih untuk memberikan data berjumlah besar ke mesin dan algoritma lalu membiarkan perangkat lunak tersebut belajar secara otomatis, daripada melakukan sebuah riset untuk mencari jawaban.

Meskipun tim Google X belum yakin apakah riset mereka telah membuka era mesin yang mampu belajar mandiri, riset itu akan tetap berpotensi untuk memperbaiki hasil pencarian gambar, pengenalan suara, serta alih bahasa.

“Akan sangat bagus bila kami dapat menggunakan algoritma yang sama terhadap hal-hal yang lebih besar. Tapi firasat saya, kami belum mendapat algoritma yang tepat,” ujar Andrewa selaku pemimpin riset tersebut, seperti dikutip dari Tempo.

Comment di sini