Miing: Banyak pelawak tidak etis selain Olga

by
June 27th, 2012 at 2:57 pm

Sensasi yang dipicu oleh lawakan-lawakan Olga Syahputra ternyata memancing seorang pelawak senior untuk turut berbicara.

Dedi “Miing” Gumelar yang kini merupakan anggota DPR RI asal PDI Perjuangan mengungkapkan bahwa lawakan Olga tidak mendidik.

Seperti dikutip dari JPNN (27/6), Miing mengatakan ucapan Olga di acara Pesbukers akan membuat anak-anak yang menontonnya tidak mau mengucapkan salam kepada orangtuanya.

“Mau anak-anak tidak mengucap salam kepada orangtua?” tanya Miing.

Selain menanggapi candaan Olga, Miing juga menyoroti tayangan lawak di televisi secara umum. Menurutnya, tidak hanya Olga yang sering melawak secara tidak pantas. Bahkan, ia mengungkapkan banyak pelawak yang tidak menuruti kaidah kepantasan dalam melawak.

“Kebetulan saja Olga yang terpantau,” katanya.

Pelawak senior yang dulu melambung bersama grup Bagito ini prihatin karena pelawak sekarang sering melakukan hal yang melanggar etika dan tidak mendidik demi membuat orang tertawa.

Ia membandingkan pelawak angkatannya dengan pelawak masa kini.

Dulu, ungkapnya, pelawak dilahirkan dari lomba melawak dimana budayawan bertugas menjadi juri sehingga mereka terbiasa melemparkan candaan yang pantas.

Ditanya soal bagaimanakah lawakan yang baik itu, ia menjawab bahwa pelawak tidak boleh menyinggung perasaan. Ia pun menyarankan para pelawak untuk mempelajari etika agar bertambah pengetahuannya.

Comment di sini