Uni Emirat Arab Akan Bangun Stadion di Bawah Gurun

by
June 27th, 2012 at 1:11 pm

Uni Emirat Arab berencana untuk membangun sebuah stadion yang menyembul dari bawah gurun. Rencana pembangunan yang fenomenal ini akan dibangun di atas sebuah daratan yang tandus dan kering.

Stadion tersebut akan diberi nama ‘The Al Ain Stadium‘. Dengan kapasitas 40.000 kursi, stadion tersebut akan menghiasi gurun tandus Al Ain. Konstruksi Al Ain Stadium akan tertanam di dalam gurun, di bawah para unta yang berkeliaran bersama gembalanya. Hal ini ditujukan agar temperatur yang luar biasa panas di siang hari dan dingin yang menusuk di malam hari dapat diatasi dengan adanya sistem pengaturan suhu udara raksasa.

Lokasi Al Ain Stadium yang terletak di tengah gurun memiliki banyak kelebihan. Pertama, stadion ini akan berbaur dengan lingkungan sekitarnya, bukan merusaknya. Kedua, pengembang proyek ini dapat memanfaatkan strategi pendinginan pasif yang mampu menekan penggunaan energi untuk ‘menaikkan’ stadion.


Pertanyaan yang tersisa dari Al Ain Stadium ini adalah bagaimana nantinya para suporter bisa mencapai stadion tersebut? Unta? Dan bagaimana bila terjadi badai pasir di tengah pertandingan? Para pengembang yang mengerjakan proyek ini pasti sudah memiliki jawaban atas pertanyaan tersebut. Hanya saja rincian mengenai Al Ain Stadium memang belum banyak dirilis.


Pembangunan Al Ain Stadium akan dikerjakan oleh sebuah perusahaan desain dan konsultasi asal Libanon, MZ Architects, dengan nilai proyek $ 953 juta. Melalui desain Al Ain Stadium tersebut, MZ Architects juga meraih ‘Retail and Leisure Award’ pada perayaan MIPIM Architectural Review Future Project Awards yang diadakan di Cannes, Prancis, 17 Maret 2012.

Comment di sini