CiriCara: Cara Ajari Kebiasaan Cuci Tangan Pada Anak

by
June 28th, 2012 at 5:25 pm

Mencuci tangan adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak maupun orang dewasa. Meski terlihat sederhana dan mudah, tapi tetap saja mencuci tangan sering dilupakan oleh anak-anak. Jika tidak dijadikan kebiasaan, pasti anak Anda akan mudah lupa untuk mencuci tangannya.

Mengajari kebiasaan untuk mencuci tangan pada anak sebenarnya mudah. Hanya saja Anda sebagai orang tua harus lebih sabar dan perhatian kepada anak. Jangan biarkan masa bermain anak Anda terganggu karena sakit.

Berikut cara ajari kebiasaan cuci tangan pada anak:

1. Pentingnya mencuci tangan

Tugas Anda sebagai orangtua adalah mengajari anak tentang pentingnya mencuci tangan. Ceritakan hal-hal yang akan terjadi jika anak tidak mau mencuci tangan. Anda bisa menggunakan media buku atau juga media bergambar untuk ajari anak pentingnya cuci tangan. Jika anak sudah tahu betapa pentingnya cuci tangan, dia pasti tidak akan lupa untuk cuci tangan.

2. Pilih sabun yang unik atau wangi

Cara yang bisa Anda coba selanjutnya adalah membeli sabun yang unik atau wangi. Pilih sabun yang memang disukai oleh anak Anda. Pilih aroma yang wangi atau mirip dengan buah-buahan agar anak tertarik. Ini akan membuat anak jadi nurut saat disuruh untuk mencuci tangan.

3. Tempat yang bisa dijangkau anak-anak

Tinggi badan anak seringkali membuat anak mengalami kesulitan untuk memakai wastafel yang tinggi. Karenanya, ada baiknya Anda sediakan bangku untuk jadi pijakan si anak agar bisa mencapai wastafel. Tapi pastikan bahwa bangku tersebut kuat dan aman (tidak licin) agar anak tidak terjatuh.

4. Mencuci tangan sambil bernyanyi

Jika anak Anda suka bernyanyi, maka Anda bisa mengajaknya mencuci tangan sambil bernyanyi. Cara ini bisa mencegah anak mencuci tangan dengan buru-buru. Sambil menyanyi, jangan lupa juga untuk ajari anak cara mencuci tangan yang benar seperti, menggosok selah-selah jari dan kuku yang kotor.

5. Taruh lap bersih

Agar anak tidak mengelap tangan yang basah di bajunya, maka sediakanlah lap bersih yang kering di samping tempat mencuci tangan atau wastafel. Dengan begini Anda tidak perlu khawatir baju anak jadi basah.

6. Ingatkan anak

Anda perlu menjadi pengawas dan pengingat yang baik untuk anak. Cobalah untuk terus ingatkan anak soal mencuci tangan saat anak mau makan atau sehabis buang air. Jika sudah terbiasa, pasti anak Anda akan selalu mencuci tangan tanpa harus disuruh.

Mengajari anak untuk melakukan kebiasaan mencuci tangan itu tidaklah mudah. Anda sebagai orangtua harus bersabar, karena semua itu butuh waktu yang lama. Jadi, jangan cepat menyerah untuk mengajari anak cara hidup sehat.

Comment di sini