CiriCara: Cara Membangun Masa Depan

by
June 28th, 2012 at 5:19 pm

Merencanakan masa depan tentu saja adalah hal yang penting. Memastikan masa depan yang sukses dan bahagia juga merupakan salah satu indikasi bahwa kamu sudah menjadi orang yang bertanggung jawab pada diri sendiri dan tentu orangtua.

Ikuti langkah di bawah ini untuk membuat persiapan masa depan yang cemerlang:

1. Keuangan

Hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja keuangan. Mulailah berpikir tentang tabungan, saham, dan investasi, bisa berupa asuransi atau reksadana. Bukalah sebuah rekening dan mulailah menentukan tujuan seperti menabung setiap minggu sebanyak 100 ribu misalnya. Mulailah mengatur keuangan dan ikuti aturan itu dengan disiplin.

2. Persiapkan tujuan yang jelas

Saat membuat CV (Curriculum Vitae) pastikan tulisan kamu ini terlihat profesional. Tulis secara lengkap dan detail mengenai apakah tujuan kamu selanjutnya di bidang pekerjaan dalam jangka waktu 1, 5, bahkan 10 tahun mendatang.

Bicaralah pada seseorang yang berhasil dalam karir dan minta masukan serta nasihat dari mereka. Siapa tahu mereka juga bersedia menjadi mentor kamu. Untuk menggapai pekerjaan yang diimpikan, kamu harus bisa tampil meyakinkan dalam sebuah wawancara kerja. Caranya: dengan berlatih, minta teman atau saudara kamu sebagai partner.

3. Hubungan dengan teman dan keluarga

Jika ingin sukses, seseorang harus bisa menghargai hubungan mereka dengan keluarga dan teman. Kamu juga harus menghargai orang-orang yang berada di sekitarmu. Keluar dan temuilah orang-orang baru. Semakin banyak teman, semakin baik.

4. Masa depan pribadi

Kebahagiaan bukan hanya tentang uang namun juga kepribadian. Kamu bisa lebih bahagia dengan menggeluti hal yang kamu sukai seperti berkebun, membaca atau hal-hal lainnya. Rancanglah tujuan yang relevan, mudah dicapai, terukur, dan logis. Jangan lupa tekan tombol “pause” saat mulai kehilangan arah, dan mulailah mengevaluasi kembali jalan hidupmu.

Keempat cara di atas akan membantu kamu mencapai masa depan yang cerah. Yang kamu perlukan adalah tetap fokus dan mengingat tujuan akhir yang akan kamu capai. Jika kamu belum memiliki tujuan, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai menekan tombol “pause” dan mulai berpikir.

Comment di sini