CiriCara: Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju

Saat berjalan-jalan di luar tiba-tiba kamu menginjak permen karet dan sialnya, sampah lengket itu menempel pada sepatu bahkan celana bagian bawah. Tentu saja hal ini menyebalkan. Mungkin ini satu alasan, mengapa permen karet dilarang di Singapura.

Menghilangkan permen karet di sepatu, celana, ataupun baju memang tidak mudah. Permen karet melekat erat pada serat-serat baju, dikucek atau disikat berapa kalipun masih menempel. Coba gunakan langkah-langkah di bawah ini agar permen karet bisa hilang dengan mudah:

1.Letakkan dalam lemari es

Baju atau pakaian yang terkena noda permen karet dilipat dan dimasukkan dalam lemari es. Diamkan baju selama kurang lebih dua jam. Es batu bisa digunakan untuk melepas noda permen karet dengan cara diletakkan di atas permen karet selama setengah jam. Permen karet akan mengeras dan tentunya lebih mudah untuk diambil.

2. Gunakan pisau roti

Gunakan pisau roti yang ada di dapur. Pisau ini dipilih karena tidak tajam sehingga baju tidak akan robek meski tergores. Permen karet yang telah mengeras dikikis pelan-pelan. Kikis permen karet dari tengah menuju keluar.

3. Mengulangi proses awal

Permen karet tidak akan langsung hilang dalam sekali proses. Ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali hingga benar-benar bersih. Kamu memang harus bersabar agar hasil yang dicapai bisa maksimal.

4. Rendam dengan minyak tanah

Saat sebagian besar noda permen karet telah diangkat, kamu bisa merendam pakaian yang terkena pemen karet dalam minyak tanah. Di dalam serat kain masih ada sisa permen karet yang menempel sehingga menggunakan minyak tanah untuk merendam selama 30 menit akan membantu mengangkat sisa noda di baju. Bila ragu-ragu, kamu bisa mencoba merendam jenis kain baju kamu di dalam minyak tanah dan lihat hasilnya.

5. Rendam dengan sabun cuci dan air hangat

Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan bau minyak tanah pada baju. Sabun dan air hangat akan melarutkan minyak tanah sehingga baju kamu tidak akan berbau menyengat saat dipakai. Bila masih tercium baunya yang menyengat, ulangi proses ini.

Kelima langkah menghilangkan noda permen karet di atas memang panjang dan membutuhkan kesabaran. Bila ingin pakaian bersih lagi, mau tidak mau kamu harus mengikuti langkah di atas dengan sabar. Kesabaran akan membuahkan hasil yang maksimal. Semoga berhasil!


comments powered by Disqus

Leave a Reply