CiriCara: Cara Mengontrol Tangisan

by
June 28th, 2012 at 12:30 pm

Menangis merupakan kegiatan alamiah yang dilakukan tubuh kita. Di dalam tubuh kita sudah ada kelenjar air mata dan sistem pengaturan saraf yang dapat menyebabkan air mata keluar, biasanya dipengaruhi oleh perasaan dan keadaan emosional.

Dengan demikian, kita tidak dapat menolak untuk menangis. Orang yang normal pasti pernah menangis setidaknya 1 kali dalam 1 tahun.
Tapi ada juga orang yang bisa menangis hampir tiap hari. Entah hal tersebut dikarenakan tekanan batin yang begitu berat atauk mungkin mengalami suatu penyakit tak wajar.

Tapi yang pasti CiriCara mau membocorkan cara untuk mengendalikan air mata yang keluar. Berikut cara-caranya:

1. Jika tiba-tiba kamu menangis tanpa ada sebab yang jelas, cobalah renungkan kembali mengapa kamu menangis. Apakah perasaanmu begitu sedih sampai tidak bisa membendung air mata? Jika kamu tidak berhasil menemukan alasan yang pasti kenapa kamu menangis, sebaiknya cukupkan tangisanmu. Terlalu banyak menangis juga bukanlah suatu hal yang baik karena bisa membuat mata kering dan kelopak mata bagian atas menjadi turun.

2. Sangat tidak disarankan untuk terlalu memanjakan perasaan kamu. Periksalah apakah kamu sedang berada dalam siklus hormonal (untuk wanita) yang mengakibatkan kamu terlalu sensitif sehingga perasaanmu cepat berubah. Jika YA, maka tidak ada pengecualian untuk hal ini. Kamu harus bisa menahan perasaan dan emosi yang meluap-luap itu dengan menahan air matamu!

3. Jangan malu jika kamu terpaksa menangis di depan orang, apalagi pacarmu. Orang lain pun sadar kalau menangis adalah hal yang lumrah dan pasti akan dilakukan oleh semua orang. Jadi, kamu tidak perlu malu jika harus menangis atau ketahuan sedang menangis oleh orang lain.

4. Tapi jika kamu sedang berada di lingkungan yang ramai dan tidak memungkinkan untuk menangis di tengah-tengah orang banyak, maka carilah toilet atau sebuah ruangan yang jauh dari penglihatan orang banyak. Barulah di tempat itu kamu menangis sepuas-puasnya hingga perasaanmu kembali tenang.

5. Menangislah! Jika memang perasaanmu tak bisa dibendung lagi. Mungkin air mata menjadi obat penawar bagi perasaan yang sedang kacau. Keluarkan air matamu dan luapkan emosimu lewat tangisan. Menangis kadang menjadi jalan keluar yang terbaik dibandingkan melemparkan amarah pada orang lain yang tidak bersalah.

Itulah kelima cara mengendalikan keluarnya air mata di situasi dan kondisi yang tepat. Terlalu banyak menangis bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata, tapi tidak pernah menangis juga bukan layaknya orang pada taraf normal.

Wiki How

Comment di sini