CiriCara: Ciri-ciri Bayi Autis

by
June 28th, 2012 at 10:32 am

Peneliti Kanada dan Amerika menemukan adanya 8 ciri-ciri awal perilaku bayi yang menjadi tanda autisme. Perilaku yang ditemukan pada bayi ini menunjukkan bahwa mereka memiliki gejala autisme. Penelitian ini melibatkan 200 bayi yang ada di Kanada. Bayi-bayi ini memiliki kakak yang telah lebih dahulu didiagnosa dengan ADS (Autism Spectrum Disorder).

Hasil penelitian ini juga diterbitkan dalam International Journal of Development Neuroscience. 200 bayi ini dipantau selama 24 bulan dan hasilnya adalah mereka yang memiliki seorang anak yang autistik memiliki kemungkinan lebih tinggi memiliki anak autistik lagi sekitar 5 hingga 10 persen. Dari bayi yang dipantau, ditemukan bahwa bayi-bayi bisa memiliki gangguan perkembangan seperti retardasi mental yang paling umum hingga gangguan spektrum Autisme.

Gejala autisme sendiri sangat luas dan bisa dari gejala yang cukup ringan hingga gejala yang berat. Pada umumnya mereka gejala autisme meliputi gangguan dalam bidang perilaku, interaksi sosial dan komunikasi. Karena gejala yang sangat kompleks dan sulit untuk dideteksi, keakuratan diagnosis ini hanya ada pada kemampuan klinis pemeriksa.

Mendeteksi autisme memang tidak mudah apalagi belum ada instrumen yang bisa membantu mengukur tingkat autisme pada bayi walaupun saat ini peneliti Kanada sedang berusaha membuat instrumen yang disebut dengan Autism Observation Scale for Infants (AOSI). Instrumen ini bisa mengukur perkembangan pada bayi dari usia 6 bulan dengan cara mencari 8 ciri berikut ini:

1. Saat namanya dipanggil, tidak bereaksi
2. Bersifat pasif dan mudah menangis
3. Cenderung terpaku pada suatu benda tertentu
4. Kurang interaksi sosial
5. Pada saat usia 12 bulan, bayi kurang memiliki ekspresi yang hidup atau ceria
6. Menunjukkan gangguan komunikasi dan bahasa saat berusia satu tahun
7. Bahasa tubuh yang kurang
8. Kurang mengerti bahasa yang mengekspresikan sesuatu atau merespon sesuatu

Bila 8 ciri ini ditemui, bisa jadi anak anda mengidap autis di masa depan karena ciri-ciri ini adalah ciri ciri dini yang muncul pada anak. Prediksi dari ciri-ciri ini cukup kuat karena 200 bayi yang dipantau selama 24 bulan ini menunjukkan 7 ciri yang sama saat beberapa di antaranya didiagnosa autis seperti yang dikatakan oleh Dr Zwaigenbaum.