Euro 2012: Gagal Total, Pelatih Belanda Akhirnya Angkat Kaki

by
June 28th, 2012 at 9:33 am

AFP / Anne-Christine Poujoulat

Bert Van Marwijk tak lagi bertitel sebagai pelatih Belanda. Ia secara resmi mengundurkan diri menyusul pencapaian Belanda di Piala Eropa 2012 yang sangat buruk.

Lambertus ‘Bert” van Marwijk memutuskan untuk menghentikan kontrak dengan Federasi Sepak bola Belanda (KNVB) pada Rabu (27/6) pukul 22.15 waktu setempat, atau Kamis (28/6) pagi waktu Indonesia. Menurut kontrak yang baru saja diakhirinya, Marwijk seharusnya menangani Belanda hingga perhelatan Piala Eropa 2016.

Menurut pengumuman KNVB melalui situs resminya, Marwijk mengundurkan diri atas inisiatifnya sendiri. Sekembalinya ke Belanda, ia langsung mengadakan evaluasi dengan KNVB mengenai masalah-masalah yang dihadapi Belanda pada Piala Eropa 2012.

“Pembicaraan tersebut dilakukan dalam suasana yang jujur, terbuka, dan konstruktif,” ujar Bert van Oostveen, Direktur KNVB, seperti dilansir dari knvb.nl.

Marwijk mengundurkan diri karena merasa gagal dalam menangani Belanda di Polandia-Ukraina. Dari tiga pertandingan fase grup, Belanda harus menelan tiga kekalahan dan menghuni dasar klasemen dengan poin hampa.

“Saya merasa sangat bimbang, tapi saya memutuskan untuk mengambil langkah ini,” ungkap Marwijk.

“KNVB berterima kasih banyak kepada Marwijk, dia telah menunjukkan penampilan luar biasa pada putaran final Piala Dunia dan sempat membawa Belanda menjadi peringkat 1 FIFA,” ungkap Oostveen. Ia juga menambahkan bahwa dirinya secara pribadi merasa senang bekerja sama dengan Marwijk, namun mereka harus bersikap realistis dan menerima kenyataan.

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini