Pabrik iPhone Akan Buka 1 Juta Lapangan Kerja di Indonesia

by
June 28th, 2012 at 2:40 pm

Tyrone Siu/Reuters

Foxconn, perusahaan manufaktur asal Taiwan, melakukan ekspansi ke Indonesia. Foxconn, yang terkenal atas kerjasamanya dengan Apple, akan membangun pabrik yang akan menyerap tenaga kerja hingga satu juta orang.

“Mereka akan masuk ke Indonesia dengan membawa teknologi dan membutuhkan pekerja sekitar satu juta orang dengan investasi senilai lebih dari satu miliar dolar AS,” ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat seperti dikutip dari Kompas.

Kepastian investasi Foxconn tersebut dipastikan setelah nota kesepahaman antara Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dengan Taiwan Chinese National Federation of Industries (CNFI) di kantor Kementerian Perindustrian. Menurut Hidayat, hal ini merupakan hasil kunjungan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan ke Taiwan tiga pekan lalu.

Hidayat menjelaskan, pada awalnya, perusahaan yang membuat perangkat keras dan perangkat lunak untuk berbagai merk komputer tersebut ingin membangun pabriknya di pulau Jawa. Namun, Hidayat lebih memilih agar mereka ditempatkan di luar pulau Jawa, dengan catatan mereka akan mendapatkan bermacam insentif seperti tax holiday, tax allowance, dan kemudahan lain.

Sofjan Wanandi, ketua umum Apindo, yang turut hadir dalam acara penandatangan nota kesepahaman tersebut mengatakan bahwa Foxconn sekarang ini tengah mengkaji persiapan untuk masuk ke Indonesia. Ia menambahkan, keinginan Foxconn untuk masuk ke Indonesia dalam ukuran yang sangat besar membuat mereka butuh setidaknya satu tahun untuk melakukan kajian (feasibility study). Pasalnya, mereka harus mendapatkan satu daerah yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Foxconn sendiri merupakan perusahaan multinasional asal Taiwan yang berpusat di Tucheng, Taiwan. Perusahaan yang menduduki posisi ke-60 terbesar di dunia tersebut merupakan penyedia perangkat lunak dan perangkat keras bagi merk-merk terkenal seperti Apple, Acer, Cisco, Del, Hewlett-Packard, Intel, Microsoft, Motorola, Nintendo, dll.

Comment di sini