Google Memperkenalkan Android Terbaru, Jelly Bean

by
June 28th, 2012 at 1:53 pm

Seakan tidak mau kalah dengan Apple dan Microsoft yang mengumumkan sistem operasi mobile terbaru mereka, Google juga akhirnya mengumumkan sistem operasi mobile terbaru mereka, Android 4.1, dengan kode nama Jelly Bean. Pada saat konferensi Google I/O 2012 di San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu kemarin, memang sudah banyak orang yang memperkirakan bahwa Google akan segera mengumumkan Jelly Bean secara resmi.

Diberi kode 4.1, sistem operasi ini memang hanya sebagai pembaruan dari sistem operasi yang sudah ada sebelumnya. Tidak hanya pembaruan, Google juga menambahkan beberapa fitur baru di Jelly Bean. Berikut daftar fitur-fitur baru yang ada di Jelly Bean:

  1. Keyboard Pintar
    Keyboard pada Jelly Bean sudah dibuat oleh Google agar dapat mampu memprediksi kata apa yang sedang ingin Anda ketik, ataupun kata berikutnya yang akan Anda ketik. Tapi, hingga saat ini belum ada pengumuman mengenai bahasa apa saja yang didukung oleh fitur ini, dan apakah bahasa Indonesia termasuk yang didukung atau tidak.
  2. Voice Typing
    Tidak hanya keyboard pintar saja, namun Google juga menambahkan sebuah fitur baru yang sangat berguna, yaitu Voice Typing, dimana Anda bisa mendiktekan apa yang ingin Anda ketik, tanpa repot-repot mengetik ataupun menggunakan koneksi Internet. Sayangnya, sama seperti keyboard pintar, belum diketahui apakah Voice Typing ini akan mendukung bahasa Indonesia atau tidak.
  3. Aplikasi Kamera Yang Lebih Baik
    Aplikasi kamera pada sistem operasi Jelly Bean sudah diperbarui, sehingga mempermudah Anda ketika ingin melihat foto-foto yang ada. Tampilan kameranya pun terlihat lebih sederhana dan halus dibandingkan dengan pendahulunya, Ice Cream Sandwich. Anda juga tinggal melakukan swipe ke atas layar menggunakan jari Anda untuk menghapus foto yang tidak Anda inginkan.
  4. Proyek Mentega (Project Butter)
    Fitur yang satu ini adalah sebuah fitur yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja perangkat berbasiskan sistem operasi Android, secara keseluruhan. Memang ini akan berakibat pada tingkat konsumsi baterai yang lebih boros. Namun jangan khawatir karena fitur ini ternyata juga bisa membantu Anda dalam menghemat daya baterai.
  5. Google Now
    Apple punya Siri, Samsung punya S Voice, Google akhirnya membuat sebuah aplikasi universal yang diharapkan akan bisa berjalan pada seluruh perangkat menggunakan sistem operasi Android. Aplikasi ini diberikan nama Google Now, dan mendukung 18 bahasa, tanpa ada kepastian apakah Indonesia termasuk bahasa yang didukung.

Update ini kemungkinan akan mulai tersedia pada pertengahan Juli 2012, bersamaan dengan tiga gadget yang akan diluncurkan pada saat itu. Ketiga gadget yang akan dilengkapi dengan Jelly Bean tersebut adalah Google Nexus S, Samsung Galaxy Nexus dan Motorola Xoom.

Comment di sini