5 Alasan Kuat Kenapa Wanita Harus Berwiraswasta

by
June 29th, 2012 at 9:08 am

Wanita memiliki peran ganda dalam keluarga. Kesulitan yang sering dihadapi adalah memilih antara karier atau keluarga. Apalagi bila mereka yang telah menikah sudah dikaruniai anak. Tentu kaum ibu ini memiliki kewajiban untuk mengurus anak dan suami. Di sisi lain ada juga keinginan untuk menjadi seorang wanita karier yang memiliki penghasilan sendiri.

Keduanya bisa diraih dengan mudah dengan cara menjadi seorang wiraswasta. Tidak perlu takut menjadi seorang ibu dan wiraswasta karena keduanya bisa dilakukan di rumah. Mengurus bisnis dan keluarga bisa dilakukan bersamaan. Ini dia manfaat menjadi seorang wiraswasta bagi seorang wanita:

1. Tempat menyalurkan hobi

Hobi bisa menjadi ladang uang bagi siapa saja termasuk wanita. Mereka yang memiliki hobi memasak, membuat kerajinan tangan, berladang bahkan merawat binatang bisa menjadi wiraswasta yang potensial. Kesempatan menjadi wiraswasta dan wanita yang bahagia sudah ada di depan mata.

2. Membuat lapangan kerja

Membuka bisnis sendiri bisa membantu membuka lapangan kerja bagi orang lain. Membuka lapangan kerja bagi orang lain tentu saja berarti membantu mereka dalam hal finansial. Dengan begini usaha yang kamu buka pun menjadi kebun pahala dan sumber pendapatan bak peribahasa “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”.

3. Memiliki waktu yang fleksibel

Jam kantor tidak bisa ditawar akan tetapi seorang wiraswasta bisa mengatur waktunya sendiri sehingga lebih mudah untuk membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Bila tempat membuka usaha di rumah, mengawasi anak-anak sepanjang waktu bukan masalah lagi.

4. Pendapatan bertambah

Memiliki usaha sendiri berarti memiliki pendapatan keluarga yang lebih besar karena pos pemasukan bukan hanya dari suami. Semakin berkembang usaha yang dijalankan, semakin besar pula laba yang dihasilkan. Hal ini tentu lebih menguntungkan daripada memiliki pekerjaan tetap di sebuah perusahaan yang gajinya sama setiap bulan.

5. Menambah kenalan dan pengetahuan

Wiraswasta harus bisa membuat terobosan baru untuk menghadapi kompetitor. Bukan itu saja. Para wiraswasta juga akan menemui banyak orang, baik sebagai rekan atau sebagai pelanggan. Dengan menemui orang-orang baru, pengalaman tentu akan semakin bertambah. Begitu juga jaringan usaha.

Ternyata menjadi wiraswasta memiliki banyak manfaat bagi para wanita. Menyeimbangkan kehidupan keluarga dan karir menjadi lebih mudah. Selain itu, pendapatan dan wawasan juga bertambah. Tunggu apa lagi, sekarang saatnya membuka peluang bisnis yang ada di depan mata.

Comment di sini