CiriCara: Cara Berhenti Berbohong Pada Diri Sendiri

by
June 29th, 2012 at 3:44 pm

Semua orang pasti pernah berbohong, entah karena terpaksa ataupun sengaja. Berbohong tak selamanya buruk, karena ada yang disebut white lie atau kebohongan yang berujung pada kebaikan, meski kebaikan bagi satu orang bisa berarti keburukan bagi orang lain.

Berpura-pura menjadi orang lain, menjadi lebih pintar, lebih ahli, dan lebih siap juga adalah bentuk lain dari kebohongan. Berbohong pada diri sendiri adalah sebuah pengkhianatan besar seperti sedang meyakinkan diri bahwa kamu adalah orang lain bukan dirimu yang sebenarnya.

Kadang-kadang kamu merasa bahwa kamu tahu bahwa kamu sedang membohongi diri sendiri namun kamu tidak bisa mengatakan atau melakukan hal yang sebenarnya. Berikan ruang bagi diri sendiri untuk menemukan kebohongan apa saja yang telah kamu lakukan. Dengan begitu kamu bisa membuat hidup jadi lebih bahagia:

1. Berhenti mengatakan “ya”

Saat kamu merasa berkewajiban untuk mengatakan “ya” padahal saat itu kamu tidak setuju karena berbagai alasan, salah satu alasan yang paling umum adalah karena kamu tidak ingin membuat orang lain kecewa. Jangan terjebak dengan keadaan ini karena bisa saja orang lain malah berusaha memanfaatkan kamu. Jika memang tidak ingin, katakan saja tidak.

2. Mengidentifikasi mekanisme pertahanan diri

Orang akan menjustifikasi tindakan mereka dengan berbagai alasan, seperti membenci teman seprofesi. Alasan inilah yang biasanya menjadi mekanisme pertahanan kamu sebagai bentuk perlindungan atas kekurangan yang ada pada diri kamu sendiri dan merupakan salah satu bentuk kebohongan terhadap diri sendiri.

3. Mengakui ketakutan dalam diri

Kebohongan mulai muncul saat kamu mulai merasa ketakutan jadi ini adalah cara kamu melindungi diri sendiri. Saat mulai mengakui ketakutan, kamu tak perlu lagi berbohong. Saat kamu merasa ketakutan coba tanyakan pada diri kamu sendiri apa yang sedang kamu takuti agar bisa mengalahkan rasa takut itu.

4. Menyadari kapan kamu mulai menjadi orang lain

Tidak setiap saat kamu berpura-pura menjadi orang lain, hanya saja pada waktu-waktu tertentu kamu akan mulai meniru orang tersebut. Langkah yang berhasil bagi mereka belum tentu memberikan hasil yang sama pada diri kamu. Berusaha memenuhi harapan orang lain hanya akan mengikis kepribadian kamu yang sesungguhnya.

5. Melebih-lebihkan kemampuan yang dimiliki

Ini termasuk tindakan yang membohongi diri sendiri. Jangan melebih-lebihkan kemampuan yang kamu miliki. Bersikaplah sederhana dan biasa saja. Apabila kamu merasa dirimu lebih hebat dari orang lain kemudian ternyata dia berhasil mengalahkan kamu, bisa saja kamu mengalami frustasi atau stres yang luar biasa.

6. Menyatakan akan berubah tapi tidak

Banyak yang berharap mereka akan memenangkan lotre, warisan dan lain-lain hanya dengan menunggu. Jika memang ingin merubah sesuatu seperti pekerjaan, jangan hanya pasif. Kamu perlu melakukan perubahan di banyak hal, mulailah bertindak sekarang.

7. Jujur pada diri sendiri

Kamu bisa mulai melihat bagaimana cara kamu memandang dunia dan menyadari bahwa cara pandang seperti itu bukanlah satu-satunya. Saat kamu mulai merasa membohongi diri sendiri, segeralah berhenti. Jujur pada diri sendiri bisa membuat rasa percaya diri kamu bertambah.

Jujur pada diri sendiri memang bukan perkara yang mudah. Kamu perlu melakukan banyak perubahan mulai dari belajar menolak, menerima kekurangan diri hingga benar-benar apa adanya. Coba lakukan 7 cara berhenti berbohong pada diri sendiri agar kamu bisa merasa lebih percaya diri dan bahagia.

Comment di sini