CiriCara: Cara Hemat Untuk Ibu Rumah Tangga

by
June 29th, 2012 at 5:12 pm

Sebagai ibu rumah tangga Anda harus pandai-pandai dalam mengatur pengeluaran. Anda harus bisa memanfaatkan uang yang diberikan oleh suami secara maksimal. Jangan sampai Anda minta jatah uang sebelum waktunya.

Menjadi ibu rumah tangga harus punya kemampuan untuk mengatur keuangan. Jika Anda bisa berhemat, maka Anda juga yang akan diuntungkan. Jadi, berhematlah mulai dari sekarang sebelum terlambat.

1. Rencanakan menu makanan

Tentukan menu makanan untuk keluarga Anda. Pilihlah bahan bakanan yang murah namun menyehatkan. Bahan makanan yang relatif murah adalah sayuran. Selain murah, sayuran juga bermanfaat untuk kesehatan keluarga.

2. Minta bantuan tetangga

Saat Anda membutuhkan pengasuh anak, Anda bisa minta bantuan kepada tetangga untuk menjaga buah hati selama Anda pergi. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menyewa pengasuh anak. Itulah sebabnya Anda harus bisa menjaga hubungan baik antar tetangga.

3. Jangan biasakan anak jajan di luar

Anda bisa menghemat uang dari jatah jajan anak. Jangan biasakan anak Anda untuk jajan di luar, jika dia minta jajan lebih baik suruh anak untuk makan. Selain bisa hemat, anak Anda juga akan aman dari jajanan yang berbahan kimia dan berbahaya.

4. Jangan terlalu sering berdandan

Mau tampil cantik boleh saja, namun jika Anda keseringan dandan maka kosmetik akan cepat habis. Tentu ini akan mengganggu keuangan Anda. Jika ingin hemat, maka Anda juga harus menghemat kosmetik Anda. Gunakan kosmetik saat acara penting dan resmi saja.

5. Bekerja sambilan

Jika Anda bukan termasuk ibu rumah tangga yang sibuk, cobalah untuk melakukan kerja sambilan. Anda bisa menyediakan laundry atau juga berjualan kue bolu yang bisa dititipkan di warung tetangga. Penghasilan dari kerja sambilan ini bisa memberikan Anda uang tambahan. Jadi uang belanja akan tetap aman.

Cobalah untuk menghemat uang belanja yang diberikan oleh suami Anda. Karena tidak selamanya suami Anda akan sanggup dan kuat bekerja. Jadi, berhematlah mulai dari sekarang.

Comment di sini