CiriCara: Cara Berhenti Mengorok

by
June 29th, 2012 at 5:01 pm

Mengorok tentunya bukan jadi masalah bagi si pengorok saja tapi juga menjadi masalah besar bagi seisi rumah.

Apakah kamu sering mengorok ketika tidur? Kamu ingin coba menghentikannya tapi masih belum berhasil?

Cobalah beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan kebiasaan mengorokmu sehingga orang lain dapat tidur dengan nyenyak juga.

1. Hindari minuman beralkohol, penggunaan obat tidur atau obat penenang, dan banyak-banyaklah mengonsumsi makanan berat serta berkalori tinggi menjelang waktu tidurmu.

2. Jika kamu mengalami hidung tersumbat segeralah atasi hal tersebut karena penyumbatan pada aliran pernapasan kamu, khususnya di hidung, bisa menjadi pemicu seseorang untuk mengorok.

3. Olahraga yang teratur dianggap sangat penting dalam mengurangi ngorok saat tidur. Olahraga dapat memperlancar metabolisme dan semua sistem saraf pada tubuh.

4. Melakukan olahraga mulut juga dipercaya dapat mengurangi kebiasaan mengorok saat tidur. Misalnya, katupkan kedua bibirmu dan buatlah gerakan seperti mengunyah, keluar-masukkan lidah kamu sampai 10 kali, lalu panjangkan lidahmu sampai berhasil menyentuh pipi atau hidungmu. Olahraga mulut semacam ini bisa melatih keelastisan otot-otot dan jaringan pada mulut yang mungkin selama ini menjadi penyebab kamu mengorok.

5. Ambillah posisi tidur menyamping. Posisi ini diyakini paling baik karena posisi lidah saat seseorang tidur menyamping tidak mengenai langit-langit mulut sehingga aliran udara yang akan masuk melalui tenggorokan tidak terhalang, dan kemungkinan mengorok pun sangat kecil.

6. Jika kamu terbiasa tidur dengan posisi terlentang, kamu perlu menambahkan bantal agar posisi kepalamu lebih tinggi sehingga lidah tidak mengenai langit-langit mulut yang akan menutup keluar-masuknya aliran udara.

Itulah keenam cara sederhana yang dapat kamu praktikkan sendiri untuk mengetahui kebenaran dan keefektifannya guna mengurangi kebiasaan mengorok saat tidur malam hari. Semoga cara-cara tersebut membuahkan hasil.

Wiki How

Comment di sini