Euro 2012: 5 Alasan Italia Layak Jadi Juara

by
June 29th, 2012 at 11:11 am

Puluhan pertandingan telah dijalani. Puluhan gol telah tercipta. Kini, Piala Eropa 2012 tinggal menyisakan dua tim dan satu pertandingan. Siapa yang berhak menyandang gelar tim terbaik di Eropa? Spanyol dan Italia akan bertarung untuk menemukan jawabannya.

Keduanya merupakan raksasa Eropa yang sama-sama memiliki sejarah sepakbola yang panjang. Keduanya juga sama kuat baik secara mental maupun fisik. Namun, melihat rekam jejak perjalanan mereka di Polandia-Ukraina, kami punya 5 alasan mengapa Italia lebih berpeluang keluar sebagai juara.

1. Skandal

Sebelum Italia menginjakkan kaki di Polandia, para jurnalis dan analis sepakbola terus mengkritik dan menyerang Italia terkait skandal pengaturan skor (calciopoli) di Serie-A. Ketika turnamen mulai bergulir, mereka juga mendapatkan kritik. Namun, mereka terus bermain dan memberikan yang terbaik, hingga tanpa kita sadari, mereka telah berdiri di final Piala Eropa 2012.

2. Si Tua

Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo. Mereka masih bersinar dan mereka telah membuktikannya. Penyelamatan Buffon atas tendangan voli Khedira, tendangan bebas Pirlo melawan kroasia, dan penalti panenka-nya membuktikan bahwa mereka belum kehilangan sentuhan-sentuhan terbaiknya. Mereka telah menjadi pemain yang paling berkontribusi dalam perjalanan Italia menuju final.

3. Anak muda

Di lini pertahanan, Bonucci telah menunjukkan permainan yang bagus. Di lini depan, mereka punya Mario Balotelli. Jika Italia berhasil memenangkan laga final melawan Spanyol, maka nama Balotelli akan tercatat sebagai penyerang termuda Italia yang membawa Italia menuju trofi Piala Eropa.

Sebagai tambahan, Balotelli mampu mencapai pertandingan final dengan perjuangan yang sangat keras. Tidak ada pemain Italia yang mendapat serangan dan kritikan lebih banyak dari Balotelli. Kritikan dari media hingga serangan berbau rasis dari pendukung tim lawan, Balotelli mampu melewati semuanya dengan baik.

4. Perjuangan

Mungkin terdengar klise, namun Italia memang telah memberikan perjuangan yang sangat besar dalam turnamen ini. Mengingat kritikan dan serangan yang mereka terima, mungkin jauh lebih besar dari tim-tim lain. Bahkan, karena penampilan buruk mereka di Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, banyak yang memprediksi mereka tidak akan mampu lolos fase grup tahun ini. Namun, sekali lagi, mereka telah membuktikan bahwa mereka bisa melakukannya.

5. Permainan

Perjalanan Spanyol menuju final memang tidak mudah. Sama seperti Italia, mereka juga bertarung dengan penuh perjuangan dan mereka juga memenangkan banyak pertandingan.

Yang membedakan permainan Spanyol dan Italia adalah: permainan Spanyol stabil, sedangkan permainan Italia terus meningkat.

Spanyol datang ke Polandia sebagai juara Piala Dunia 2010 dan menjadi tim favorit. Ia didukung oleh jutaan penggemar dan Spanyol tidak mengecewakan mereka. Spanyol terus bermain bagus, mendominasi dan atraktif. Mereka bermain stabil sebagai seorang juara.

Italia datang ke Polandia tidak lagi sebagai tim favorit. Penampilan mereka di dua turnamen internasional yang terakhir bisa dibilang mengecewakan. Bahkan, liga domestik mereka (Serie-A) tidak lagi menjadi tontonan favorit. Tapi, sejak pertarungan pertama melawan Spanyol yang berakhir imbang, sampai mengalahkan Jerman 2-1, permainan mereka terus menunjukkan peningkatan.

Ketika kita melihat sesuatu menunjukkan grafis yang terus meningkat, kita tak pernah tahu kapan peningkatan tersebut akan berhenti. Akankah mereka terus naik hingga mencapai trofi Piala Eropa? kita lihat saja nanti.

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini