Euro 2012: Penyebab Jerman Kalah dari Italia Versi Loew

by
June 29th, 2012 at 10:01 am

Aris Messinis/AFP/Getty Images

Jerman, tim yang diunggulkan untuk lolos final Piala Eropa 2012 ternyata tak berdaya saat melawan Italia di babak semifinal, Jumat (29/6/2012) dini hari WIB. Jerman kalah dengan skor 1-2 dari Italia. Lalu apa penyebab kekalahan Jerman tersebut?

Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Loew, menjelaskan beberapa faktor yang menjadi penyebab Jerman kalah dari Italia. Menurutnya, Jerman telah kehilangan organisasi permainan setelah gol pertama dari Mario Balotelli.

Menurut Loew, kondisi timnya semakin terpuruk saat Italia berhasil menambah gol kedua di babak pertama. “Kami menghindari, namun gol kedua kemudian datang,” ungkap Loew yang pernah berbuat iseng pada anak gawang ini.

Lebih lanjut Loew menjelaskan bahwa gol Mario Balotelli di menit ke-20 adalah mimpi buruk untuk Jerman. Padahal dalam 15 menit pertama Jerman mampu menguasai jalannya pertandingan. Namun semua itu berubah saat gol pertama untuk Italia terjadi.

Pemain belakang Jerman terlihat tidak bisa berkonsentrasi. Terbukti, Antonio Cassano bisa dengan mudah melepaskan diri dari pengawalan Matts Hummels, sementara Balotelli mampu memperdaya dua pemain belakang Jerman, Holger Badstuber dan Manuel Neuer.

Gol kedua Italia yang terjadi melalui serangan balik membuat Jerman semakin terpuruk. Mereka harus mengejar ketertinggalan dua angka dalam waktu satu kali 45 menit. Ini menambah beban tersendiri buat para pemain.

Loew mengatakan bahwa dibabak kedua Jerman mulai bangkit dan memberikan serangan untuk Italia. “Namun kami tidak bisa mendapatkan gol.” Jerman baru bisa mencetak gol di menit akhir, itupun melalui tendangan penalti yang dilakukan oleh Mesut Ozil.

Mengenai pemain yang diturunkan dalam pertandingan, Loew mengaku sudah memilih pemain yang bagus. Tapi, kenapa dia memilih menurunkan Toni Kroos daripada Thomas Muller yang lebih berpengalaman?

“Saya juga ingin Kroos di dalam tim, sehingga ia bisa berperan di antara para gelandangan Italia. Saya harus membuat beberapa pergantian pemain. Saya harus mempertaruhkan semuanya dan mencoba sesuatu,” jelas Loew.

Kekalahan ini menambah catatan buruk pertemuan Jerman dengan Italia. Dimana dalam tujuh pertandingan terakhir Jerman tidak pernah menang dari Italia.

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]
Comment di sini