Hacker Anonymous Bobol Situs Pemerintah Jepang

by
June 29th, 2012 at 4:07 pm

Pemerintah Jepang mendapat serangan di dunia maya. Situs-situs pemerintah tidak dapat diakses selama beberapa jam. Anonymous, kelompok hacker ternama, diduga merupakan dalang dibalik serangan ini. Mereka juga mengancam akan melakukan serangan yang lebih besar dan berbahaya.

Website yang pertama diserang adalah situs Departemen Keuangan Jepang. Pada Selasa (26/6), laman http://www.mof.go.jp/ mendapat hantaman. Beberapa halaman yang terdapat dalam situs tersebut menampilkan pesan yang menentang hukum hak cipta. Situs Mahkamah Agung Jepang dan Pengadilan Tinggi atas Hak dan Kekayaan Intelektual juga dilaporkan tidak dapat diakses.

Serangan tersebut diduga terkait dengan legislatif Jepang yang setuju untuk merevisi RUU hak cipta nasional yang akan memberatkan hukuman pidana bagi orang yang mengunduh  atau memperbanyak suatu materi yang berada dibawah lindungan hak cipta. Orang yang melanggar terancam dihukum dua tahun penjara atau denda hingga 2 juta Yen (sekitar Rp 235 juta).

“Untuk pemerintah dan Asosiasi Industri Rekaman Jepang, seperti yang kalian harapkan, kami telah kembali karena Anda melanggar hak-hak asasi kami akan privasi dan kebebasan berinternet,” tulis Anonymous.

Sementara itu, seorang pejabat Departemen Keuangan Jepang Takanari Horino, menyatakan bahwa mereka menyadari bahwa serangan tersebut berkaitan dengan undang-undang mengenai hak cipta yang baru. Namun, mereka belum tahu jika serangan yang mereka dapatkan disebabkan oleh Anonymous.

“Kami sedang menyelidiki dari mana serangan tersebut berasal,” ungkapnya pada sebuah konferensi pers seperti dikutip dari Reuters.

Menurut Asosiasi Industri Rekaman Jepang, undang-undang tersebut memang penting diberlakukan. Pasalnya, hanya pada 2012, 4.36 miliar file diunduh secara ilegal di Jepang.

Comment di sini