KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup

by
June 29th, 2012 at 5:19 pm

Sigit - Pontianak Post

Usulan mengenai masa berlaku Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) seumur hidup disambut baik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Kementerian Dalam Negeri tidak keberatan karena usul tersebut dinilai sangat positif.

Menurut Gamawan, beban ekonomi yang ditanggung rakyat akan menjadi lebih ringan. Pasalnya, segala urusan administrasi akan menjadi lebih mudah jika e-KTP berlaku seumur hidup. Kini, keputusan ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Jika mereka setuju, maka usulan masa berlaku e-KTP seumur hidup dapat direlisasikan.

Saat ini, realisasi masa berlaku e-KTP seumur hidup masih terbentur dengan UU nomor 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan pasal 64 ayat (4) huruf (a) bahwa masa berlakunya KTP hanya 5 tahun.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar mengatakan bahwa telah tercapai kata sepakat untuk usulan tersebut. Selain masa berlaku, segala hal yang berkaitan dengan e-KTP tersebut juga telah dibahas dan disepakati seperti pemanfaatan, berkaitan dengan kepemilikan hak-hak pribadi, serta persyaratan untuk mendapatkan pelayanan publik lainnya.

Sedangkan terkait kendala masa berlaku yang terbentur UU Nomor 23/2006 tersebut, ia menyatakan bahwa masalah tersebut akan diatasi dengan revisi. “DPR tentu akan melakukan revisi terhadap ketentuan tersebut sehingga KTP elektronik dapat berlaku seumur hidup,” ungkapnya, seperti dikutip dari InfoPublik. Sayang, belum ada keterangan rinci mengenai kapan KTP elektronik tersebut bisa diberlakukan seumur hidup.

Comment di sini