Pergi Liburan Mengurangi Risiko Mati Muda

by
June 29th, 2012 at 4:35 pm

Kegiatan sehari-hari yang begitu-begitu saja memang membosankan dan kadang membuat pikiran jadi stres. Saat kamu sudah mulai jenuh dengan kegiatan yang itu-itu saja, kini saatnya mengambil cuti dan pergi liburan.

Tidak perlu berlibur selama berhari-hari. Kamu bisa berlibur sebentar saja agar pikiran kembali segar. Manfaat liburan bisa dirasakan bukan hanya otak kamu namun juga badan yang kembali sehat. Ini dia manfaat liburan yang bisa kamu ambil:

1. Usia lebih panjang

Sebuah penelitian menemukan bahwa berlibur teratur bisa menurunkan risiko kematian sebesar 17 persen lebih rendah dari sebab-sebab lainnya. Usia menjadi lebih panjang disebabkan karena seseorang merasa lebih bahagia setelah berlibur.

2. Melindungi jantung

Penelitian yang melibatkan 13 ribu pasien jantung resiko tinggi menyebutkan bahwa para responden yang rutin mengambil cuti tahunan mereka untuk berlibur mampu menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh serangan jantung sebesar 29 persen. Bila ada keluarga kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung, tidak ada salahnya bila diajak berlibur bersama.

3. Membuat produktivitas jadi meningkat

Penelitian yang melibatkan pekerja menemukan bahwa liburan adalah salah satu kunci penting untuk membebaskan diri dari stres. Liburan bisa membuat para pekerja lebih bergairah sehingga menjadi lebih produktif.

4. Lebih berbahagia bahkan sebelum liburan

Peneliti Belanda menemukan bahwa kebahagiaan seseorang meningkat bahkan pada saat mereka masih mempersiapkan liburannya. Sebuah riset yang dipublikasikan dalan jurnal Psychosomatic Medicine tahun 2009 menemukan bahwa kegiatan santai dan liburan dapat mengarahkan diri ke arah yang lebih baik dan positif sehingga dapat mengurangi potensi terkena depresi.

5. Meningkatkan kedekatan

Sebuah riset yang dilakukan oleh Studi Kesehatan Perempuan di Pedesaan menunjukkan bahwa hubungan langsung antara frekuensi liburan dan juga tingkat kebahagiaan dalam pernikahan. Seorang perempuan akan menjadi lebih bahagia dan puas dengan pernikahannya apabila waktu berlibur semakin banyak.

Lima hal itu adalah alasan betapa pentingnya liburan di sela-sela kegiatan yang sangat padat dan rutin. Hidup bisa lebih bahagia dan badan pun jadi lebih sehat. Perlu alasan apalagi untuk pergi berlibur?

Comment di sini