Terbangkan Layang-layang Super Unik Ini

by
June 30th, 2012 at 10:30 am

Layang-layang menjadi kegemaran anak-anak terutama di musim liburan seperti saat ini. Namun, bagi mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, permainan ini sudah hampir tak bisa lagi dimainkan karena terbatasnya tempat.

Sebenarnya, awal mula layang-layang bukanlah sebuah permainan, melainkan alat uji coba yang dipakai oleh Wright bersaudara untuk membuktikan teori terbang yang mereka buat. Sedangkan Ben Franklin menggunakan layangan di tengah badai untuk membuktikan bahwa petir itu berisi percikan-percikan molekul listrik raksasa.

Dalam sejarah China, layang-layang digunakan sebagai alat komunikasi antartentara supaya tidak diketahui musuh. Layang-layang pernah juga digunakan untuk mengukur jarak antara satu tempat ke tempat lainnya.

Pada zaman sekarang ini, justru layang-layang dijadikan ajang perlombaan yang menuntut para kontestannya untuk membuat layang-layang kreasi sendiri dan bertahan menerbangkan layang-layang tersebut di langit biru.

Bentuk layang-layang yang paling umum dan paling mudah dibuat adalah segi empat. Tapi seiring perkembangan zaman, layang-layang memiliki berbagai macam bentuk yang menarik saat ini serta ukurannya yang besar sehingga kita membutuhkan tenaga angin yang besar untuk dapat menerbangkannya, seperti model layangan di bawah ini:

Layang-layang bentuk Naga

Layang-layang bentuk naga ini memiliki panjang hingga 10 meter dan lebar lebih dari 1 meter. Oleh karena ukurannya yang besar, layang-layang naga ini menjadi layang-layang raksasa yang dapat membuat takjub banyak orang. Pembuat layang-layang ini memang memiliki hitungan yang akurat, sebab walaupun ukurannya panjang dan sangat berat, layang-layang ini masih sanggup untuk terbang.

Layang-layang Skyfoil

Facebook

Jika pada layang-layang biasa terdapat sebuah tongkat kayu tipis untuk menyangga bentuk, layang-layang skyfoil tidak ada penyangga apapun. Layang-layang ini hanya diisi oleh udara untuk menjaga bentuknya. Hal ini memudahkan orang jika ingin membawa pergi layang-layang ketika piknik atau wisata.

Layang-layang Elang

Harbor Wind Kite

Layang-layang berbentuk elang ini sedikit berbeda dari layang-layang biasanya. Layang-layang ini termasuk layang-layang canggih karena menerbangkannya harus menggunakan alat pengendali jarak jauh. Ya, memang seperti mainan pesawat kendali, layang-layang ini juga bisa melakukan banyak manuver di udara.

Layang-layang Rokkaku

Facebook

Ini bukanlah layang-layang sembarangan melainkan layang-layang yang dipakai oleh warga Jepang sebagai olahraga yang dinamai pertarungan layang-layang atau Rokkaku Dako. Pertarungan layang-layang ini sama dengan yang dilakukan anak-anak Indonesia, yaitu menerbangkan layang-layang dan memutuskan tali pengikat layang-layang musuh dengan cara menggesekkan kedua tali layang-layang yang sudah berdekatan. Siapa yang tali pengikat layang-layangnya putus, maka dia kalah dan harus keluar dari perlombaan tersebut.

Layang-layang F-Stop

eBay

Layang-layang ini dibentuk melingkar dengan perpaduan warna yang cantik. Ukurannya yang juga terbilang besar ini membuatnya berputar ketika diterbangkan. Warna-warna indah pada layang-layang ini membuat banyak orang takjub melihatnya ketika angin berhembus menggoyangkan layangan ini.

Layang-layang Delta

Yahoo

Layang-layang lebar yang menyerupai bentuk segitiga ini juga merupakan bentuk layang-layang favorit bagi sebagaian besar orang. Permukaannya yang lebar membuat layang-layang ini mampu terbang lebih tinggi dibanding layang-layang yang lain. Angin dapat dengan mudah memberi tekanan dari bagian bawah layang-layang ini sehingga benda unik ini dapat naik lebih tinggi.

Itulah beberapa jenis layang-layang yang bentuk dan ukurannya menakjubkan. Biasanya, kita dapat melihat bentuk-bentuk layangan seperti ini hanya di kontes layang-layang.

Yahoo Games

Comment di sini