5 Efek Positif Stres Bagi Kesehatan

by
July 1st, 2012 at 1:00 pm

Orang yang sering stres cenderung memiliki berat badan berlebih, rambut yang rontok bahkan serangan jantung. Banyak yang menghubungkan antara stres dengan berbagai efek yang buruk bagi tubuh padahal stres ternyata memiliki efek positif.

Direktur medis dari Fibromyalgia and Fatigue Centers, Jacob Teitelbaum, MD, menyebutkan bahwa stres adalah hal yang sangat menyehatkan karena dapat memberikan tenaga yang kamu butuhkan dalam menjalani hidup. Tanpa adanya stres kamu tidak akan dapat mengambil tindakan yang tepat.

Ini dia 5 manfaat yang bisa didapat dari stres:

1. Meningkatkan daya ingat

Saat kamu sedang stres biasanya akan merasa lebih berhati-hati dan ingatan menjadi tajam karena itu merupakan efek dari hormon yang dihasilkan area otak berfungsi mengendalikan emosi dan kognisi. Aktivitas ini dapat membantu membuat memori bekerja lebih cepat dalam menyelesaikan masalah.

2. Mempercepat pemulihan pasca operasi

Operasi dapat membuat seseorang menjadi stres namun kamu tidak usah khawatir karena stres yang ditimbulkan justru akan membantu pasien cepat pulih. Direktur penelitian Stanford University Center, Firdaus Dhabhar PhD, berkata bahwa perubahan biologis selama stres jangka pendek merupakan cara otak memperiapkan tubuh untuk sesuatu yang dapat menimbulkan stres atau setelahnya.

3. Mencegah flu dan pilek

Saat ada tekanan seperti deadline, tubuh akan menjadi lebih sehat karena berusaha untuk membuat kamu jadi lebih nyaman. Stres dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengatur kelenjar adrenal sehingga sistem imun jadi lebih seimbang.

4. Mendekatkan diri dengan sesama

Stres yang pendek dapat membantu meningkatkan kadar oksitosin atau hormon kedekatan seperti yang dijelaskan oleh Kathleen Hall, PhD dari The Stress Institute and The Mindful Living Network. Dia menjelaskan bahwa oksitosin sebenarnya berfungsi untuk menghambat produksi hormon stres dan mengurangi tekanan darah yang melebarkan arteri sehingga membantu menjaga tubuh dari efek buruk rasa khawatir.

5. Melawan tumor

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Brain, Behavior dan Immunity, saat sekelompok tikus mendapat paparan sinar UV yang dapat menimbulkan kanker, ternyata tikus yang stres mengidap kanker lebih sedikit daripada yang tidak. Stres ternyata dapat mengaktifkan sel yang lebih kebal dalam mengahmbat pertumbuhan tumor. Saat kamu tertekan pekerjaan, bisa jadi kesehatan kamu saat itu ada dalam kondisi yang sangat baik.

Itu dia 5 manfaat yang bisa didapat saat seseorang sedang stres.

Comment di sini