CiriCara: 7 Cara Agar Anak Gemar Membaca

by
July 1st, 2012 at 3:41 pm

eHow

Pada musim liburan ini, banyak anak-anak merasa bebas dari pelajaran dan tugas-tugas sekolahnya. Ini saatnya para orang tua membimbing mereka untuk tidak melupakan kewajiban mereka yaitu tetap belajar meski sedang dalam masa liburan. Belajar di sini bukan berarti membuka semua buku pelajaran sekolahnya, tapi membaca untuk mendapatkan infosmasi barusetiap harinya.

Saat liburan seperti ini adalah saat yang tepat untuk mengajak anak Anda menjadi gemar membaca. Dengan membiasakan anak-anak untuk membaca, maka mereka akan menjadi orang-orang yang kaya akan pengetahuan di kemudian hari.

Berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan untuk memulai kebiasaan membaca pada anak-anak usia dini.

1. Jadilah contoh bagi mereka

Jika Anda ingin anak-anak gemar membaca untuk mendapatkan informasi penting tiap hari. Maka, sebagai orang tua, Anda harus memberikan contoh terlebih dahulu. Anak-anak cenderung akan meniru apa yang diperbuat oleh orang tuanya. Oleh karena itu, peran Anda sangat menentukan di sini. Jika Anda sendiri tidak pernah menyibukan diri dengan membaca, maka Anda tidak bisa menuntut anak-anak untuk senang membaca.

2. Aturlah waktu untuk membaca

Langkah berikutnya untuk memulai kebiasaan membaca pada anak adalah dengan mengatur waktu khusus untuk membaca buku. Misalnya, Anda dan anak-anak berunding untuk menentukan waktu membaca bagi mereka. Setidaknya, 1 jam setiap hari, pastikan anak-anak membaca buku yang informatif dan bermutu bagi perkembangan pemikiran mereka.

3. Membaca apa saja

Kebiasaan membaca bukan hanya dapat dilakukan di rumah dengan berbagai macam buku. Tapi Anda juga bisa memotivasi keinginan membaca mereka dengan menyuruhnya membaca apa saja yang mereka temui di sekitarnya. Misalnya, Anda mengajak mereka pergi berlibur di tempat rekreasi, ajaklah mereka untuk membaca papan pengumuman di tempat tersebut. Ketika Anda mengajaknya ke supremarket, mereka juga bisa diajarkan untuk membaca kandungan bahan yang tertera di bagian belakang kemasan barang yang Anda beli.

4. Membaca di mana saja

Selain Anda mengajarkan mereka untuk membaca semua tulisan yang mereka temui saat pergi berlibur, Anda juga bisa menerapkan kegiatan membaca di mana saja. Jika Anda pergi berlibur ke luar kota, jangan lupa membawa buku bacaan bagi anak-anak. Sehingga, anak-anak masih dapat membaca dan tidak hanya bermain saja sepanjang liburan mereka.

5. Membacalah bersama anak

Tentu tidaklah cukup hanya dengan menjadi contoh bagi anak-anak Anda. Sesekali, Anda juga perlu menemani mereka membaca. Jika sedang berlibur ke luar kota, Anda bisa mengatur waktu santai bersama anak-anak sambil membaca bersama-sama. Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah Anda bisa memberi pengertian pada mereka jika ada bacaan yang mereka tidak mengerti. Selain itu, membaca bersama dapat memotivasi anak untuk semakin serius dalam kegiatan membaca tersebut.

6. Membaca sebelum tidur

Cerita sebelum tidur rupanya menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menanamkan minat baca pada anak. Anda bisa membacakan buku cerita pada mereka sebelum terlelap. Jadi, mulailah membiasakan membaca cerita dan ajaklah anak-anak Anda untuk turut membaca buku cerita tersebut sebelum mereka tidur.

7. Hadiah dari kebiasaan baik

Tidak ada salahnya memberi hadiah pada anak Anda jika dia sudah berhasil melaksanakan kewajibannya, yaitu membaca. Jika anak Anda sudah gemar membaca, pupuklah terus kebiasaan baik tersebut. Buatlah mereka semakin gemar membaca dengan memberikan buku-buku yang bagus untuk mereka baca.

Itulah ketujuh cara bagi para orang tua untuk menanamkan kebiasaan membaca pada anak-anak sejak usia dini. Tanamkan pada diri anak-anak Anda kalau membaca adalah hal yang sangat penting dan banyak manfaatnya di kemudian hari. Semoga cara ini dapat Anda terapkan pada liburan anak-anak bulan ini.

eHow

Comment di sini