CiriCara: Cara Membersihkan Interior Mobil yang Benar

Mobil bersih mencerminkan pemiliknya. Kebersihan mobil bukan hanya di luar saja namun memperhatikan kebersihan yang ada di dalam juga merupakan hal yang penting karena interior mobil ternyata menyimpan bakteri dan virus.

Bau yang tidak sedap kerap kali muncul dari dalam mobil dan ini tentu saja membuat siapapun yang ada di dalam menjadi tidak nyaman. Perhatikan 5 cara benar membersihkan interior mobil agar mobil selalu bersih dan wangi.

1. Dashbor

Bagian pertama yang harus dibersihkan adalah dashbor. Gunakan kain kecil yang memiliki daya serap tinggi agar dapat menjangkau ke dalam, jangan lupa semprotkan cairan khusus untuk membersihkan dashbor. Sela-sela AC juga harus dibersihkan karena biasanya banya debu menumpuk di situ.

2. Kaca

Banyaknya debu yang menempel pada kaca akan membuat pandangan menjadi tidak terlalu jelas. Gunakan lap microfiber yang dapat membersihkan kaca tanpa menggoresnya. Bila mobil digunakan pada saat basah atau hujan, segera lap dengan chamois agar tidak timbul jamur di kaca.

3. Jok

Membersihkan jok tidak perlu terlalu sering, dua minggu sekali cukup untuk membersihkan bagian ini. Gunakan alat penghisap debu dan perhatikan bagian yang memiliki lipatan. Penyedotan debu bisa dilakukan beberapa kali agar semua debu dapat terangkat. Bila menggunakan jok kulit, gunakan sabun khusus kemudian gosok dengan kain. Bersihkan sisa sabun dengan kain basah sebelum dikeringkan.

4. Karpet

Bagian ini bisa jadi bagian yang paling kotor. Untuk membersihkan bagian ini, kamu harus mengangkat dan mengeluarkan karpet agar pasir dan kotoran di atasnya tidak tumpah ke lantai mobil. Bersihkan dengan sabun dan air hingga bersih kemudian keringkan.

5. Lantai

Bongkar kursi terlebih dahulu kemudian baru bersihkan lantai mobil. Dengan begini kamu bisa menjangkau hingga ke bagian yang paling sulit. Bila ada tanah atau kotoran yang mengering gunakan sikat namun jangan menggunakan air karena dapat membuat lembab dan lantai menjadi cepat rusak.

Lima langkah membersihkan mobil ini dijamin bisa membuat kamu merasa nyaman di dalamnya.


comments powered by Disqus

Leave a Reply