Inilah 4 Teh Berkhasiat Bagi Kesehatan

by
July 1st, 2012 at 12:30 pm

Kurang lengkap rasanya jika kita minum teh tanpa tahu sejarah di balik penemuan teh tersebut. Teh yang diproduksi langsung dari daun teh asli yang dikeringkan ini memiliki sejarah yang unik. Mungkin sebagian besar masyarakat dunia menganggap kalau teh ini ditemukan pertama kali di dataran China. Namun, tidak ada sejarah yang meresmikan hal itu.

Tapi cerita yang melekat di masyarakat hingga kini ialah teh memang sudah diproduksi di China sejak zaman Kaisar Shennong yang hidup pada 2737 SM. Sekarang ini teh sudah merambah di seluruh dunia termasuk Inggris yang terkenal dengan tradisi minum tehnya seperti negara Matahari Terbit (Jepang) dan juga China.

Indonesia pun tidak mau kalah. Kita juga memproduksi berbagai macam teh dan juga mengimport berbagai macam teh berkhasiat.

Memang teh dipercaya mampu sembuhkan berbagai macam penyakit, seperti yang kita dengar ada sebutan teh kolestrol, teh hijau yang dipercaya sangat bagus bagi tubuh, dan lain sebagainya.

Tapi CiriCara mencatat 4 jenis teh yang paling baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini penjabaran dari keempat jenis teh tersebut.

1. Teh Hitam

Teh yang melewati proses fermentasi yang lain daripada teh kebanyakan ini sengaja dibuat agar pada saat teh ini diseduh air panas, maka warnanya akan berubah menjadi merah pekat dan hampir menjadi hitam. Orang-orang menyebut teh ini sebagai teh hitam. Khasiat dari meminum teh ini ialah mampu melindungi otak dari penyakit otak berbahaya. Selain itu, senyawa antioksidan yang ada di dalam teh ini dapat membantu penyembuhan orang yang menderita penyakit Parkinson.

2. Teh Darjeeling

Teh jenis ini termasuk sebagai teh jenis terbaik di seluruh dunia. Teh ini baik diminum oleh penderita lambung kronis dan kanker lambung karena teh yang pohonnya hanya ada di kaki pegunungan Himalaya, India ini mampu menahan jalur kembang biak bakteri Pylori yang sering dijadikan penyebab utama penyebab kanker lambung dan penyakti lambung kronis.

3. Teh Yerba Mate

Colnect

Lagi-lagi teh jenis ini baik diminum bagi para pengidap masalah pada organ perut. Teh jenis ini sangat baik bagi penderita kanker usus. Terbukti bahwa senyawa dalam air teh Yerba Mate ini mampu merusakkan sel-sel kanker usus. Teh herbal ini terbilang langka karena pohonnya yang hanya dapat tumbuh di daratan Amerika Selatan.

4. Teh Oolong

Teh yang berasal dari pohon teh yang tumbuh di dataran China ini memiliki khasiat yang bagus bagi penderita darah tinggi (hipertensi), dengan catatan teh ini diminum secara rutin oleh penderitanya dua gelas setiap harinya.

Itulah keempat teh yang terbukti sangat baik dan memberikan khasiat yang besar bagi manusia. Tapi ingat tidak semua teh baik dikonsumsi secara berkala setiap harinya lho.

Comment di sini