4 Minyak Ini Baik Bagi Kulit

by
July 2nd, 2012 at 11:30 am

Setiap perempuan pasti menginginkan kulit yang cantik dan sehat. Semua itu bisa didapat dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Salah satunya adalah dengan minyak alami.

Minyak yang diproduksi dari tumbuhan ini bisa membantu kamu memiliki kulit yang cantik dan bercahaya. Selama ini banyak yang mengira bahwa merawat wajah dengan minyak hanya akan membuatnya jadi lebih mengkilap. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar, minyak ternyata ampuh membuat wajah tampak cantik.

1. Minyak jintan hitam

Minyak jintan hitam ini terbuat dari Nigella Sativa yang disebut juga dengan black cumin atau habbatussauda. Manfaatnya untuk kesehatan sudah dibuktikan sejak ribuan tahun lalu. Cleopatra, ratu yang terkenal sangat cantik dari Mesir, menggunakan jintan hitam untuk membuatnya tetap cantik. Cara mendapat manfaatnya pun sangat mudah. Kamu bisa meminum atau mengoleskan minyak ini pada kulit. Untuk wanita hamil, sebaiknya konsultasikan konsumsi zat ini dengan dokter.

Kandungan jintan hitam meliputi pro vitamin C, B1, B2, B6, A, sodium, asam amino penting, kalsium,zat besi, omega 6 & 9 dan masih banyak lagi. Asam lemak baik dalam jintan hitam dapat membantu menyembuhkan luka dan iritasi seperti jerawat, eksim, dan lain-lain. Selain itu, jintan hitam dapat melawan penuaan dini.

2. Minyak kelapa

Seorang model Victoria Secret, Miranda Kerr, mengaku menggunakan minyak ini setiap hari. Wanita cantik nan seksi ini mengatakan bahwa ia mengonsumsi minyak kelapa hingga 4 sendok perhari dengan cara dicampur dalam salad teh hijau dan masakan lainnya.

Kandungan asam lemak baik, mineral, vitamin E dan K serta zat lain di dalamnya bisa digunakan sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti oksidan bagi kulit. Lauric acid yang ada pada minyak kelapa yang juga bisa dijumpai pada ASI membuatnya menjadi semakin kaya manfaat.

Minyak ini juga dapat membantu melawan jerawat dan melindungi kulit dari polusi serta sinar matahari. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pembersih makeup, mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki sel yang rusak, yang perlu dilakukan hanya mengoles. Produk minyak kelapa banyak sekali namun perhatikan karena tidak semua bisa dikonsumsi.

3. Minyak wijen

Minyak ini seringkali dimasukkan dalam salah satu resep masakan. Ternyata, kandungan antioksidan minyak ini sangat tinggi dan memiliki kandungan lain yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Minyak wijen mengandung vitamin A,B, E serta seng, zat besi, magnesium, omega 3, 6 dan 9 sehingga manfaat minyak wijen banyak sekali. Mengonsumsi minyak ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, melembapkan dan melembutkan kulit, melawan kerutan, serta membuat kulit jadi lebih bercahaya.

4. Minyak zaitun

Minyak ini memang terkenal akan manfaatnya bagi kecantikan. Kandungan yang ada pada minyak ini meliputi vitamin E dan K, polyphenol, asam lemak, dan zat anti oksidan. Minyak ini pun menjadi rahasia kecantikan para selebritis dunia.

Cara mendapatkan manfaat minyak ini pun mudah, hanya dengan mengonsumsinya atau mengoleskannya pada kulit yang kasar. Minyak ini pun bisa digunakan sebagai masker rambut. Dengan mendiamkannya pada rambut selama 1 jam kemudian cuci bersih. Untuk hasil yang sempurna, sebaiknya dilakukan teratur selama satu minggu.

Jangan ragu memasukkan bahan ini dalam makanan karena efeknya akan lebih terasa karena dapat menurunkan kadar kolesterol serta memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

Comment di sini