7 Faktor Penyebab Diet Sering Gagal

by
July 2nd, 2012 at 1:26 pm

Kamu sudah melakukan berbagai cara agar berat badan bisa berkurang tetapi usaha itu tampak sia-sia karena angka timbangan masih sama bahkan lebih besar? Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Banyak hal yang harus dilakukan seperti mengubah pola makan dan kebiasaan.

Beberapa hal menjadi faktor penting penyebab sulitnya menurunkan berat badan seperti faktor genetik. Orang yang berpostur tubuh gemuk karena keturunan biasanya lebih sulit dipermak ketimbang mereka yang gemk karena pola makan yang salah. Tetapi  alasan kenapa orang susah berdiet memang kompleks, tidak hanya sekadar faktor genetik.

Berikut adalah 7 penyebab kenapa orang tak berhasil melakukan diet:

1. Keuangan

Sekarang ini harga cemilan lebih murah daripada harga buah atau makanan sehat lainnya. Selain itu, harga mahal yang harus dibayar saat akan berolahraga di tempat kebugaran membuat banyak orang mengurungkan niatnya berolahraga untuk menjaga berat badan.

2. Stres

Faktor lain yang membuat berat badan sulit turun adalah stres. Saat stres, biasanya orang cenderung memiliki nafsu makan lebih besar daripada saat tidak stres. Cemilan menjadi salah satu cara orang mengalihkan pikiran mereka.

3. Kebiasaan makan yang tidak benar

Ketika sudah terbiasa makan dengan porsi besar tentu saja sulit bagi kita untuk mengurangi porsi makan dalam rangka diet. Oleh karena itu, sebelum terlambat lebih baik sesuaikan porsi makan setiap hari. Makan terlalu cepat serta terbiasa ngemil juga akan membuat berat badan bertambah.

4. Kurang aktivitas

Hal lain yang membuat berat badan sukar turun adalah kurang bergerak. Bila seseorang hanya duduk seharian tentu saja kalori yang dibakar tidak akan bertambah. Bergerak walaupun hanya sebentar cukup membantu seperti berjalan ke kantor, menaiki tangga dan lain sebagainya.

5. Rayuan iklan

Media televisi sering menanyakan berbagai macam iklan makanan yang membuat pemirsa tertarik untuk mencoba mengonsumsinya walau makanan tersebut belum tentu sehat dan bahkan malah memiliki banyak kandungan lemak.

6. Kondisi yang kurang baik

Saat tubuh kelelahan atau kurang tidur, seseorang biasanya akan terdorong untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi. Dorongan makan ini juga bisa saja disebabkan oleh faktor genetik.

7. Faktor sosial

Pergaulan bisa mendorong seseorang untuk makan banyak apalagi di acara undangan seperti makan bersama. Pada saat-saat seperti ini biasanya orang cenderung lupa akan diet yang ia jalani. Selain itu, jam kerja yang panjang juga bisa mempengaruhi pola makan seseorang. Jam kerja yang panjang biasanya membuat tubuh menjadi cepat lelah dan lapar sehingga orang ingin terus makan.

Itu dia 7 penyebab utama kenapa diet sering gagal. Bagaimana dengan kamu? Pernah gagal diet karena alasan itu juga?

Comment di sini