Buaya Raksasa Pemangsa Manusia Masuk Rekor Dunia

by

National Geographic

Kasus terbunuhnya seorang anak pada 2009 dan menghilangnya seorang nelayan di selatan Filipina membawa warga di kota Bunawan pada seekor buaya raksasa setelah dilangsungkan penyelidikan dan perburuan selama tiga minggu.

Lolong, nama buaya raksasa itu, ditemukan warga pada September tahun lalu. Panjangnya yang mencapai lebih dari 6 meter tentu saja membuatnya mampu melahap apa saja yang berada di dekatnya termasuk sapi serta manusia.

Walikota Bunawan, Edwin Cox Elorde, bersama para warga berhasil menangkap buaya ini dengan menggunakan jaring baja yang kuat. Buaya ini kemudian diangkut dengan truk untuk dibawa ke pusat penelitian di luar kota Bunawan.

Setelah penangkapan, pemerintah kota Bunawan melarang warganya untuk menangkap ikan pada malam hari dan mengurangi kegiatan yang berada di dekat perairan.

Keberadaan buaya ini menarik perhatian pengunjung dan turis-turis yang terus berdatangan untuk melihat buaya raksasa tersebut. Tidak hanya turis lokal, turis mancanegara pun meluangkan waktunya untuk melihat buaya ini dari dekat ketika tengah berkunjung ke Filipina.

Baru-baru ini, Guinness World Records menyatakan bahwa Lolong adalah buaya terpanjang di seluruh dunia, sekaligus buaya terbesar yang pernah ditangkap. Ukuran panjang Lolong mengalahkan panjang seekor buaya yang ditemukan di Australia yang mencapai 5 meter.

Ditemukannya buaya ini membuat warga Filipina khususnya di daerah Bunawan takut  karena khawatir akan keberadaan buaya lain yang berukuran sama, bahkan lebih besar. Akan tetapi, mereka juga merasa bangga karena buaya tersebut adalah bukti bahwa ekosistem di negara mereka memiliki keanekaragaman hayati.

Inilah foto-foto buaya raksasa asal Filipina:

Huffington Post


comments powered by Disqus

Leave a Reply