CiriCara: 5 Cara Meminta Tumpangan Saat Backpacking

by
July 2nd, 2012 at 4:33 pm

Pada musim liburan seperti ini, memang pergi berlibur merupakan kegiatan yang paling cocok. Kamu bisa pergi berlibur bersama teman-teman, keluarga atau bahkan, sendirian.

Jika kamu berniat untuk melakukan perjalanan luar kota ataupun luar negeri dengan sistem jalan-jalan hemat atau backpacking, mungkin kamu butuh beberapa cara di bawah ini untuk menumpang kendaraan pribadi penduduk lokal yang kamu temui.

Inilah beberapa cara untuk menumpang jika keadaan mendesak saat kamu pergi berlibur seorang diri.

1. Persiapkan keperluan penting

Keperluan penting yang harus dipersiapkan sebelum jalan-jalan hemat ialah KTP (Kartu Tanda Penduduk), paspor (jika ke luar negeri), uang tunai, dan ponsel. Pastikan kamu menyimpan semua kartu kredit dan kartu ATM di rumah karena lebih baik pergi dengan uang tunai daripada berisiko kehilangan kartu-kartu tersebut.

2. Siapkan GPS atau peta

Ketika kamu harus menumpang, jangan percaya begitu saja kepada mereka yang berbaik hati mau mengantar kamu ke tempat tujuan, meski mereka adalah penduduk lokal. Kamu harus melihat arah mereka membawa kamu, apakah sesuai dengan arah tujuan kamu atau tidak. Oleh karena itu, kamu harus siapkan peta atau mungkin agar lebih simpel, gunakan GPS pada ponsel kamu.

3. Posisi saat meminta tumpangan

Walau ini terlihat seperti hal kecil tapi ini menjadi penentu kamu bisa mendapat tumpangan atau tidak. Carilah posisi untuk meminta tumpangan yang tepat. Misalnya, carilah jalan raya yang ramai dilewati kendaraan sehingga mereka tidak mengemudi terlalu cepat dan masih bisa melihat keberadaan kamu di pinggir jalan. Jangan berdiri di pinggir jalan tol, atau jalanan lurus yang sepi dilewati kendaraan.

4. Membuat tanda untuk menarik perhatian

Setelah melalui tahap ketiga, buatlah tanda untuk menarik perhatian pengemudi yang melintasi tempat kamu berdiri. Jadi, sebaiknya kamu siapkan karton atau papan segi empat dan spidol warna-warni untuk membuat tanda kalau kamu sedang membutuhkan tumpangan. Selain itu, kamu juga bisa mengangkat ibu jarimu tinggi-tinggi. Itu juga merupakan tanda bahwa kamu membutuhkan tumpangan kendaraan.

5. Jaga penampilan tetap rapi

Meski kamu cukup lelah setelah berjalan dan berkeliling seharian, ada baiknya kamu tetap berpenampilan baik. Jangan terlihat berantakan dan menyeramkan, karena mereka akan mengira kalau kamu adalah orang jahat. Jadi, perhatikan penampilanmu agar tetap rapi dan meyakinkan sehingga ada orang yang mau memberikan tumpangan ketika melihat penampilan kamu ditambah lagi dengan tanda yang sudah kamu buat tadi.

Itulah kelima cara untuk meminta tumpangan di pinggir jalan. Mungkin cara-cara tersebut tidak hanya dapat dipraktikkan ketika kamu melakukan perjalanan pada masa liburan ini saja, tapi juga jika kamu tersesat atau kehabisan ongkos untuk pulang ke rumah.

Wiki How

Comment di sini