CiriCara: Cara Cerdas Mengikat Rambut Saat Cuaca Panas

by
July 2nd, 2012 at 12:51 pm

Setelah melewati musim yang tak menentu, kadang panas kadang hujan, tampaknya musim di Indonesia pada bulan Juli ini sudah mulai menunjukkan kestabilannya dengan cahaya matahari yang lebih dominan bersinar dibandingkan awan mendung yang menutupi langit Indonesia.

Cuaca panas pastinya menimbulkan masalah tersendiri bagi para wanita, terutama mereka yang berambut panjang. Selain masalah kulit yang bisa jadi hitam, rambut kering dan rusak juga dapat menjadi masalah besar bagi wanita. Wanita yang cenderung suka memiliki rambut panjang, tentu merasa khawatir dengan kesehatan rambut mereka pada musim panas seperti sekarang ini.

Salah satu solusi yang biasa dilakukan oleh para wanita adalah dengan mengikat tinggi rambut mereka. Langkah ini dinilai tepat di tengah cuaca panas yang bisa memicu keluarnya banyak keringat dan menempelnya debu-debu yang berterbangan pada rambut panjang mereka.

Nah, berikut ini beberapa cara mengikat rambut agar bentuk ikatan rambutmu lebih bervariasi dan terhindar dari masalah di musim panas ini.

1. Mengepang rambut

Rambut panjang sangat mudah untuk dikepang. Ada beberapa model kepangan yang bisa kamu lakukan, tapi bentuk kepangan yang standar pun sebenarnya sudah cukup untuk menghindari rasa panas yang berlebih saat kamu beraktivitas. Misalnya, kamu satukan semua rambut ke belakang lalu bagilah rambutmu menjadi 3 bagian dan mulailah mengepang rambutmu. Untuk sentuhan terakhir, ikat rambut dengan karet atau pita.

2. Mengikat semua rambut ke belakang

Ini adalah cara yang paling mudah dan tidak perlu repot sebab kamu bisa melakukannya sendiri. Ini adalah model ikatan yang pasti bisa dilakukan oleh semua wanita yang berambut panjang. Model ikatan yang dikenal dengan istilah ponytail ini sangat mudah dibuatnya. Kamu cukup menyisir rapi semua rambutmu, kemudian satukan semua di belakang kepalamu, angkat tinggi rambut kamu sampai melewati bahu, lalu ikat dengan pengikat rambut yang kencang. Dengan demikian, kamu tidak akan lagi merasa kepanasan.

3. Membuat sanggul sederhana

Ini adalah cara lain yang tidak perlu kamu lakukan di salon. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara seperti ini: buat ikatan tinggi seperti mengikat rambut dengan model ponytail, kemudian renggangkan bagian tengah, di dekat atas ikatan rambut tersebut. Lalu, masukkan semua sisa rambut kamu yang menjuntai ke dalam ruang yang sudah direnggangkan tadi.

Itulah ketiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengikat rambut agar tidak terasa panas saat beraktivitas dan rambut pun bisa terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh banyak terkena debu.

Akan tetapi, perlu kamu ingat kalau mengikat rambut setiap hari selama berjam-jam juga tidak baik bagi kesehatan rambut kamu. Jadi, sesekali biarkanlah rambutmu tergerai.

Mungkin, ketika kamu sedang berada di rumah atau pun di sebuah ruangan. Sehingga rambutmu tetap bisa tergerai tanpa terkena paparan sinar matahari dan debu-debu di pinggir jalan.