CiriCara: Cara Membuat Kue Ape Gurih

by
July 2nd, 2012 at 7:00 pm

Pernahkah Anda mendengar nama kue ape? Sebagian besar mungkin akan berkata tidak. Sebenarnya kue ape ini adalah salah satu jajanan tradisional khas Indonesia. Namun, untuk saat ini pembuat kue ape sangat jarang.

Bagi warga Betawi asli, tentu sudah sangat kenal dengan kue ape. Di Jakarta, kue ape ini banyak di jual di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) untuk memperingati HUT DKI Jakarta. Harganya ekonomis, hanya Rp 500 per buah kue ape. Bagi Anda yang tidak sempat berkunjung ke PRJ bisa buat kue ape sendiri.

Resep Kue Ape Khas Betawi

Bahan:
- 300 g tepung beras
- 25 g terigu
- 25 g tepung sagu
- 1 btr telur
- 1 sendok teh baking powder
- 1 sendok teh garam
- ½ sendok teh soda kue (untuk pengembang)
- 600 ml santan kental
- 200 g gula pasir
- Pasta pandan secukupnya (untuk warna hijau kue ape)

Cara membuat:
- Campur tepung beras, tepung terigu, tepung sagu, telur, garam, baking powder, dan soda kue. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
- Tuang gula pasir. Aduk hingga rata dan tercampur semuanya.
- Tambahkan santan sedikit demi sedikit. Saat adonan mulai mengental tambahkan pasta pandan untuk warna hijau dan khas wangi daun pandan. Aduk terus sambil di tepuk-tepuk hingga tercampur rata.
- Uleni terus sambil di tepuk-tepuk selama 20 menit agar berbentuk serat yang bagus diamkan selama 3 jam.
- Ambil 1 sendok sayur sop lalu tuangkan ke dalam wajan atau cetakan surabi yang sudah dipanaskan.
- Dengan sendok sayur tekan-tekan bagian tengah adonan agar berbentuk seperti mangkuk dan lapisan tipis di pinggir. Tutup wajan agar bagian tengahnya tampak menonjol dan panggang hingga matang.

Bagi Anda orang Betawi sudah tentu menjadi kewajiban untuk melestarikan warisan nenek moyang ini. Jangan biarkan makanan khas Betawi ini diklaim oleh negara tetangga.

Comment di sini