Inilah Kata Sandi yang Sering Dipakai Koruptor

by
July 2nd, 2012 at 5:56 pm

Sejumlah koruptor suka sekali menggunakan kata sandi untuk menyembunyikan aksi mereka. Tak jarang kata sandi tersebut sering membuat aparat penegak hukum kualahan dan kebingungan. Lalu kata sandi apa saja yang dipakai para koruptor?

Penemuan kata sandi ini mulai muncul saat kasus korupsi wisma altel terungkap oleh KPK. Dalam penyidikan, sejumlah kata-kata aneh muncul dalam percakapan para koruptor yang terlibat.

Berikut kata sandi yang sering dipakai para koruptor seperti dikutip dari detikcom:

1. Apel

Kata sandi apel digunakan oleh koruptor di kasus Wisma Atlet SEA Games yang menjerat mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin. Kata ‘Apel Malang’ dan ‘Apel Washington’ muncul dipercakapan antara Mindo Rosalina Manullang dan Angelina Sondakh.

Arti dari kata sandi ‘Apel Malang’ adalah uang rupiah, sedangkan ‘Apel Washington’ berarti uang dalam nilai dollar. “Apel malang bisa diartikan uang lokal (Rupiah), dan apel washington uang dollar,” kata Nazar.

2. Semangka

Kata sandi ini muncul melalui pesan Mindo Rosalina Manullang terhadap Angelina Sondakh. “Ada seperti apel malang, apel washington, pelumas, semangka,” kata Rosa. Menurut penuturan Rosa, kata sandi ‘Semangka’ ini berarti rupiah.

3. Durian

Uang suap Rp 1,5 miliar untuk Kemenakertrans dibungkus dalam sebuah kardus durian. Buah durian memang diidentikkan dengan suap. Uang suap ini berhasil disita oleh pihak KPK yang melakukan penggerebakan transaksi di sebuah rumah makan.

4. Pelumas

Para koruptor juga sering menggunakan istilah kata ‘pelumas’ dalam melancarkan aksinya. Kata sandi ini sebenarnya sudah sering dipakai oleh kaum awam namun dengan bahasa berbeda yakni ‘pelicin’. Kata sandi ini diartikan sebagai uang suap untuk memperlancar aksi.

5. Ketua besar

Kata sandi ketua besar pernah keluar saat kasus wisma atlet. Kata ‘ketua besar’ pernah disebut dalam percakapan antara Rosa dengan Angelina. Kata sandi ‘ketua besar’ mempunyai arti pimpinan paling atas dalam aksi korupsi. Namun sayang, ‘ketua besar’ yang dimaksud belum terungkap hingga sekarang.

6. Pak Lurah

Kata sandi ‘pak lurah’ sempat muncul saat perbincangan Nazaruddin dengan penyidik di Mako Brimo. Terkait arti kata sandi ‘pak lurah’ penyidik hanya mampu mengungkap bahwa ini adalah istilah untuk orang yang dihormati.

7. Kebugaran

Kata kebugaran juga dipakai oleh Rosa dkk dalam berkomunikasi soal hasil korupsinya. Kata ‘kebugaran’ tersebut bermaksud untuk menyembunyikan nama Wafid Muharam, eks Sekretaris Kemenpora.

8. Penyanyi

Kata sandi ‘penyanyi’ sering digunakan para koruptor kasus wisma atlet. Kata sandi ini diberikan untuk menyembunyikan identitas terpidana kasus Wisma Atlet Mindo Rosalina Manulang. Rosalina Manulang memiliki nama sama seperti penyanyi pop Indonesia Rossa. Itulah sebabnya dia disebut sebagai si penyanyi.

9. Maktab

Kata sandi ‘maktab’ muncul di kasus dugaan korupsi pengadaan Alquran yang baru-baru ini muncul. Menurut penyidik KPK, pelaku korupsi kasus ini lebih suka menggunakan bahasa Arab. Kata sandi yang digunakan seperti ‘Toyyib’ artinya baik dan ‘Maktab’ artinya tempat atau pemondokan.

Itulah kata sandi yang sering dipakai oleh para koruptor dalam melancarkan aksinya. Bagaimana, sangat cerdik bukan?

Comment di sini