Wow! Pengemis Blok M Dapat Rp 15 Juta Per Bulan

by
July 2nd, 2012 at 2:18 pm

Banyak orang yang merasa kasihan saat melihat seorang pengemis berpakaian kumuh yang lontang-lantung di jalan raya. Karena itulah, banyak dermawan yang suka memberi uang untuk para pengemis ini.

Namun siapa sangka, dibalik baju kumuh dan muka memelasnya pengemis ini mampu menghasilkan uang Rp 15 juta dalam sebulan. Seperti yang dikutip dari Kompasiana, akun bernama Ninoy N Karudeng mengungkapkan hasil penelitiannya.

Ninoy menuturkan bahwa ia telah melakukan penelitian terhadap seorang pengemis yang biasa beraktivitas di Blok M, Jakarta. Ia mendapatkan informasi dari seorang tukang parkir bahwa pengemis tersebut berpenghasilan Rp 15 juta per bulan. Wow!

Benar saja, setelah melakukan penyelidikan secara diam-diam, Ninoy akhirnya menemukan fakta yang mencengangkan. Dalam satu hari, pengemis wanita yang berumur sekitar 45 tahun ini mampu meraup uang Rp 500 ribu sampai Rp 700 ribu.

Menurut Ninoy, pengemis tersebut mempunyai strategi khusus untuk mengemis. Biasanya dia mengincar para pasangan muda, keluarga yang bawa anak dan para pekerja kantor. Sejak pukul 05.00 WIB, pengemis itu mulai beroperasi di tempat parkir Bus Damri khusus Bandara Soekarno-Hatta yang mangkal di dekat Blok M.

Selain mengemis di parkiran bus, pengemis cerdik ini juga mengemis di tempat makan dan pusat keramaian di Blok M. Hampir semua tempat makan kaki lima dia datangi sambil menyodorkan mangkuk plastiknya untuk mendapat sejumlah uang. Hampir di setiap tempat sedikitnya ada lima orang yang memberi uang untuknya.

Sebagian besar para dermawan itu memberikan uang sebesar Rp 500 – Rp 1000. Dari uang itu pengemis mampu mendapatkan Rp 65000 dalam waktu 5 jam. Uang itu biasanya ditukar ke pedagang dengan uang pecahan yang lebih besar seperti lima puluh ribuan.

Ninoy menjelaskan, sejumlah pedagang di Blok M memang sudah biasa menukarkan uang receh dengan pengemis tersebut. Bahkan, karyawan toko minimarket juga sering menukar uang Rp 500, Rp 200 dan Rp 100 kepada pengemis itu. Tidak tanggung-tangung, uang receh yang ditukarkan oleh pengemis itu mencapai Rp 200 ribu.

Dengan hasil ngemis Rp 500 ribu sampai Rp 700 ribu, tak heran kalau pengemis ini bisa meraup penghasilan Rp 15 juta per bulan. Ternyata penghasilan orang berdasi masih berada di bawah orang yang berpenampilan kumuh dengan muka memelas ini. Bagaimana, tertarik untuk jadi pengemis?

Comment di sini