Apple Membayar 60 Juta Dollar Untuk Nama ‘iPad’

by
July 3rd, 2012 at 4:57 pm

Apple Inc. dikabarkan telah melakukan pembayaran sebesar 60 juta dollar Amerika, untuk mendapatkan hak paten atas nama ‘iPad’, kepada Proview Technology. Perusahaan Shenzhen tersebut sebelumnya telah mengajukan klaim keberatan atas penggunaan label nama iPad oleh perusahaan gadget asal Amerika tersebut.

Sebelumnya, perusahaan Proview Technology sudah mengajukan permohonan kepada pemerintah Cina, agar seluruh penjual gadget tidak menjual iPad sama sekali. Dan setelah kasus ini usai, tidak mengherankan jika Apple merasa sangat lega.

Dalam prosesnya, Apple dan pihak Proview melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan, dimulai sejak proses hearing di pengadilan, pada bulan Februari. Teck Zhung Wong, seorang analis teknologi di Beijing mengungkapkan bahwa keputusan ini akan menjadi sebuah berita yang sangat baik bagi Apple. “Mereka akan bisa kembali berbisnis, dan tidak terganggu lagi. Kemunculan new iPad sudah sangat terlambat di Cina, dan jika masalah ini masih berlanjut lebih lama lagi, Apple bisa dipastikan akan semakin rugi,” ungkap Wong.

Jika disimak lagi, memang, Proview sudah lebih dulu mendaftarkan nama iPad pada tahun 2001. Lalu kemudian Apple meluncurkan iPad milik mereka, yang langsung mendapatkan reaksi dari Proview yang mengajukan keberatan pada pengadilan, yang langsung ditolak pada saat itu. Kini setelah Apple memutuskan untuk membeli hak cipta tersebut, Proview dinilai puas akan apa yang mereka terima sebagai kompensasinya.

Chen Jihong, seorang pengacara terkenal di Beijing, mengatakan bahwa biaya settlement ini bukanlah sesuatu yang buruk bagi Proview. Karena biar bagaimanapun juga, Apple-lah yang berhasil menciptakan value dari merk iPad tersebut, bukan Proview.

Ironis memang, tapi begitulah kenyataannya. “Ini adalah sebuah transaksi. Apple mengeluarkan uang sebesar 60 juta dollar US untuk membeli hak cipta,” diakui oleh pengacara Proview sendiri, Ma Dongxiao.

Comment di sini