Browser Chrome Untuk iOS Sudah Tersedia

by
July 3rd, 2012 at 3:02 pm

Google baru saja merilis browser andalan mereka, Google Chrome, di sistem operasi iOS. Aplikasi yang dirilis sejak minggu lalu ini sudah berhasil menduduki peringkat pertama App Market, sebagai aplikasi gratis yang paling sering diunduh. Adapun browser Chrome ini dibuat dengan tujuan untuk menggantikan browser lama milik Apple, Safari, yang digunakan oleh iPad dan iPhone.

Sebagai alternatif nomor satu untuk Safari, Google mengembangkan Chrome for iOS ini dengan menggunakan Android WebKit, sebuah basis yang sangat mirip dengan iOS WebKit. Dapat ditebak, hasil dari pengembangan tersebut adalah sebuah browser yang tidak begitu jauh berbeda dengan Safari, terutama dari segi backend-nya.

Banyak sekali ulasan bernada positif dari para kaum profesional mengenai browser ini. Dan semua pujian itu berputar pada satu titik, yakni kecepatan dari browser ini. Jika Anda sehari-harinya menggunakan peramban buatan Google ini pada komputer ataupun laptop Anda, pasti akan tahu, seberapa cepat dan nyamannya peramban yang satu ini ketika digunakan. Ya, kami pun setuju dengan pendapat mereka. Ketika kami mencoba browser ini pada iPad, memang, browser ini menunjukkan respon yang sangat baik, dan waktu loading yang cepat.

Namun, biarpun dikatakan bahwa Chrome untuk iOS ini memiliki tampilan yang sama dengan versi desktop, tetap saja masih ada perbedaan yang cukup jelas, terutama dari segi tampilan interface jika peramban ini Anda gunakan pada iPhone Anda. Ketika menggunakan peramban ini menggunakan iPhone, maka Anda tidak akan mendapatkan fitur tabbing pada bagian atas layar. Namun jangan khawatir, Anda masih tetap bisa mengakses tab yang sudah Anda buka dengan cara melakukan tap pada pojok kanan atas layar Anda.

Fitur pencarian (search) juga tersedia pada peramban ini. Dan Google sudah menambahkan fitur pencarian berdasarkan suara (voice search feature) yang bisa Anda gunakan. Google menggunakan fitur voice search mereka sendiri, jadi ini adalah fitur yang berbeda dengan Siri milik iOS.

Tapi bagaimanapun juga, tampaknya Google Chrome untuk iOS ini juga tidaklah sempurna. Kami menemukan setidaknya dua kelemahan browser ini dibandingkan dengan Safari. Pertama, Safari ternyata memiliki waktu loading halaman yang lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh Safari, yang dalam hal ini diatur oleh Apple, sudah diset agar tidak bisa menggunakan Nitro JavaScript, sehingga menghemat waktu dalam melakukan load sebuah halaman situs.

Kelemahan yang kedua adalah tidak adanya integrasi penuh dengan iOS. Maksudnya adalah, sekalipun Anda menggunakan Chrome pada iPad ataupun iPhone Anda, setiap kali Anda ingin membuka tautan dari apps yang ada, seperti Maps ataupun Mail, akan dibuka dengan menggunakan Safari, bukan Chrome.

Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba Chrome ini, Anda sudah bisa mengunduhnya melalui tautan ini.

Comment di sini