CiriCara: Cara Menghadapi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

by
July 3rd, 2012 at 7:00 pm

Nicolas Hansen / Getty Image

Dipecat adalah sesuatu yang membuat kita merasa tidak enak. Tak peduli seberapa besar cintamu pada pekerjaan, atau seberapa besar kebencian terhadap pekerjaanmu, kamu memerlukan strategi khusus untuk menghadapi sebuah pemecatan. Berikut ini cara supaya kamu mampu menghadapi pemecatan tersebut:

1. Berjanjilah pada dirimu untuk bangkit lagi

Walaupun dipecat terasa begitu menyakitakan, jangan biarkan perasaan tersebut membuatmu jatuh terlalu lama. Anggap saja pemecatan tersebut adalah sebuah kesempatan untuk mencoba hal yang baru.

2. Ambil pelajaran dari apa yang telah terjadi

Cobalah untuk menganalisa. Hal-hal apa yang membuatmu kehilangan pekerjaan dan ingat baik-baik untuk tidak mengulanginya lagi. Kita semua tidak mau jatuh pada kesalahan yang sama bukan? Dalam fase ini, kamu harus benar-benar jujur kepada diri sendiri. Jangan biarkan egomu menutupi kesalahan, agar kamu mampu belajar dari kesalahan.

3. Jadilah orang yang bertanggung jawab

Kamu tidak bisa mengulangi masa lalu, tapi masih bertanggung jawab atas masa depanmu sendiri. Sekalipun merasa dipecat secara tidak adil, jangan menyalahkan orang lain atas situasi yang kamu alami karena inti dari pemecatan kamu adalah bahwa kinerja kamu tidak sesuai dengan yang diharapkan perusahaan tersebut.

4. Mintalah referensi

Saat melamar pekerjaan yang baru dan akan menghadapi sebuah wawancara, perusahaan terkadang meminta referensi dari orang-orang yang mengenalmu. Lalu, apa yang akan dilakukan mantan atasan jika kamu memasukkan nomor teleponnya dalam daftar referensimu? Jika mungkin setidaknya minta dia untuk memberi konfirmasi tentang pengalaman kerja dan berapa kisaran gajimu di perusahaan tersebut.

5. Kembangkan kemampuanmu.

Ikutilah kursus singkat, pelatihan, atau lokakarya untuk mengembangkan kemampuanmu. Saat mempunyai kemampuan yang lebih, maka kamu juga akan memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk membantumu mendapatkan pekerjaan baru.

6. Kembali ke bursa pekerjaan segera

Menunggu dan menunggu tidak memperbaiki keadaan. Kamu harus terus bergerak mencari pekerjaan baru. Kirim beberapa lamaran, dan perluas jaringan kerja kamu melalui teman-temanmu.

7. Jadilah orang yang jujur

Saat kamu sedang menghadapi wawancara dan pertanyaan tentang pekerjaanmu sebelumnya muncul, jawablah dengan jujur dan singkat. Jawaban seperti “Bos saya yang dulu orangnya kampungan” atau sejenisnya, sebaiknya dihindari. Jawablah bahwa kamu telah menghadapi situasi yang agak buruk, tidak perlu panjang dan mendetail. Jangan lupa ceritakan bahwa kamu telah mengambil pelajaran dan langkah-langkah perbaikan dari pekerjaan pekerjaanmu yang lama.

8. Berbesar hatilah terhadap keadaan

Ingatlah bahwa banyak orang di luar sana yang juga mengalami nasib sepertimu. Kamu bukan orang pertama yang mengalami pemecatan, dan kamu juga pastinya bukan orang terakhir. Kehilangan pekerjaan bukan akhir dari dunia. Kamu masih punya kesempatan besar di luar sana.

Demikian cara-cara menghadapi pemecatan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Semoga kamu dapat segera mendapat pekerjaan yang lebih baik :)

Comment di sini