CiriCara: Ciri-ciri Nugget Enak Namun Sehat

by
July 3rd, 2012 at 3:48 pm

Nugget adalah makanan praktis yang lezat dan menjadi favorit banyak orang, terutama anak-anak. Makanan ini sebenarnya daging olahan yang dibentuk menjadi kepingan dengan balutan tepung roti. Makanan yang setengah masak ini harus disimpan dalam lemari beku untuk menjaga kualitas dan kesegarannya sebelum digoreng.

Produk ini telah menjadi salah satu makanan yang disukai masyarakat sehingga bisa dijumpai di banyak tempat. Beragam merek pun bermunculan dengan harga yang juga bervariasi. Sayangnya, banyak oknum pedagang nakal yang membuat nugget palsu. Mereka mencampur bahan yang berbahaya dalam adonan nugget mereka. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila kamu memperhatikan ciri-ciri nugget enak dan sehat berikut ini:

1. Waktu penyimpanan

Nugget yang tidak diberi tambahan bahan berbahaya tidak akan bertahan selama 1 atau 2 hari dalam suhu ruangan. Nugget akan basi dan berlendir, dan tentu saja tidak layak makan. Nugget yang diberi tambahan bahan berbahaya akan bertahan hingga 4 hari. Waspadai nugget seperti ini.

2. BPOM

Perhatikan kemasan. Nugget yang berkualitas biasanya disertai dengan nomer registrasi BPOM dan juga sertifikasi halal dari MUI (kadang tidak ada). Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa makanan yang tertera pada kemasan. Bila tidak ada keterangan tersebut pada kemasan, kamu patut curiga.

3. Harga

Nugget yang dijual dengan harga murah juga patut dicurigai. Nugget dengan bahan asli dan berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

4. Aroma

Perhatikan juga bau yang keluar dari nugget saat dipotong. Nugget yang baik akan mengeluarkan aroma bahan baku utamanya, ayam atau ikan. Bila aromanya aneh atau tidak jelas apakah itu bau ayam atau bukan, ini berarti nugget menggunakan bahan yang tidak jelas asalnya.

5. Tekstur

Nugget yang asli saat ditekan akan terasa empuk dan lumer. Lapisan tepung roti pun mudah rontok dan agak berlendir. Nugget berkualitas baik biasanya lebih mudah dipotong dan patah berbeda dengan nugget yang dengan bahan tambahan yang menjadi lebih keras, kering dan kenyal.

6. Warna

Perbedaan warna juga terlihat antara nugget yang asli dan campuran. Daging olahan ini biasanya dilapisi tepung roti yang berwarna putih atau kuning oranye muda. Cari nugget yang berwarna putih atau kuning muda. Warna mencolok biasanya disebabkan oleh penggunaan pewarna tambahan.

Keenam ciri-ciri itu bisa ditemui di nugget yang asli dan sehat. Bila menemukan nugget yang murah, berwarna cerah dan tidak memiliki registrasi POM, sebaiknya dihindari demi kesehatan.

Comment di sini