Facebook Dukung Pernikahan Sesama Jenis

by
July 3rd, 2012 at 2:59 pm

Facebook GLAAD/Huffington Post

Lagi-lagi ada yang baru dari Facebook. Raksasa jejaring sosial ini tidak henti-hentinya membuat inovasi dalam situsnya. Kali ini, inovasi yang dilakukan Facebook terkait dengan apresiasi terhadap kaum gay dan lesbian. Memang sejak tahun 2011, Facebook sudah mulai membuat terobosan yang mendukung pencegahan intimidasi antigay dan antilesbian.

Facebook yang digemari oleh sebagian besar penduduk dunia pernah mendapat kritikan dari para kaum homoseksual karena untuk membuat akun di Facebook, setiap orang harus mengisi pilihan “Female” atau “Male”.

Hal inilah yang dikeluhkan oleh kaum gay dan lesbian. Untuk menentukan pilihan pada “Female” atau “Male” adalah hal tersulit bagi kaum gay dan lesbian karena sebenarnya mereka adalah orang-orang yang terjebak dalam tubuh yang sebenarnya tidak mencerminkan kepribadian asli mereka.

Oleh sebab itu, pada bulan Maret lalu, Sunil Babu Pant, seorang politisi gay asal Nepal, mengajukan petisi kepada pendiri Facebook, Mark Zuckerberg untuk memberikan pilihan bagi para pengguna yang tidak tahu apakah diri mereka tergolong pria atau wanita.

Sekarang, Facebook tampil dengan memberikan ikon pernikahan yang baru. Kalau dulu hanya ditemui ikon “married to” dengan gambar pasangan pria dan wanita yang akan muncul pada linimasa akun Facebook penggunanya, kini terdapat ikon baru dalam status hubungan para penggunanya seperti pada gambar di bawah ini.

Dengan dibuatnya ikon baru tersebut, secara tidak langsung Facebook turut mendukung pernikahan sesama jenis. Selain itu, pernikahan sesama jenis pun jadi semakin diakui di kalangan luas.

Apakah pembaruan yang dilakukan oleh Facebook ini sebagai tanggapan terhadap petisi yang dilayangkan oleh Sunil Babu Pant?

Apakah kalian setuju dengan tambahan ikon baru pada “married to” ini?

Huffington Post

Comment di sini