Sengketa Tari Tor-tor Resmi Berakhir

by
July 3rd, 2012 at 5:58 pm

Tari Tor-tor dari Sumatera Utara

Pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat untuk menghentikan polemik terkait klaim Tari Tor-tor dan Gordang Sambilan oleh Malaysia. Sebuah kesepakatan untuk menghentikan sengketa tersebut telah tercapai hari ini, Selasa (3/7).

Setelah pembicaraan yang intensif antara Wakil Perdana Menteri Dato’ Muhyiddin Haji Mohd. Yassin dan Wakil Presiden Boediono, kini tercapai kata sepakat. Mohd. Yassin mengatakan bahwa mereka merasa lega karena kesalahpahaman antara Indonesia dan Malaysia kini telah usai karena Malaysia memang tidak berniat mengklaim Tari Tor-tor.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Luar Negeri Suprapto mengatakan bahwa pemerintah Indonesia pada dasarnya tidak terlalu masalah dengan upaya pelestarian yang diupayakan oleh Malaysia.

Kami mengapresiasi upaya promosi budaya tapi yang kami jelaskan adalah tentang hak cipta,” ucap Suprapto seperti dikutip dari Kontan.

Pertemuan tersebut juga membentuk sebuah lembaga budaya yang akan dimanfaatkan untuk berkomunikasi yang lebih intensif, lebih langsung, dan lebih bersahabat. Dengan adanya Lembaga Budaya tersebut diharapkan kesalahpahaman antara kedua negara mampu diminimalisir.

Seperti diberitakan sebelumnya, polemik terkait klaim Tari Tor-tor dimulai ketika Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia Datuk Seri Rais Yatim menyampaikan keinginannya untuk meregistrasi tari Tor-tor dan Gordang Sambilan sebagai warisan budaya Malaysia.

Malaysia sempat mengungkapkan alasan bahwa registrasi tersebut hanya sekedar mencatatkan dalam upaya pelestarian budaya. Namun reaksi dari rakyat Indonesia tetap menginginkan agar Malaysia mengurungkan niatnya untuk meregistrasi. Bahkan, ratusan situs Malaysia dilaporkan menjadi korban para hacker Indonesia.

Comment di sini